Atasi Banjir, Dinas LHK Turunkan Alat Berat

ALAT BERAT: Alat berat yang diturunkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) ke lokasi banjir Desa Sukadamai. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Untuk mengatasi masalah banjir yang terjadi di Desa Sukadamai, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kabupaten Lombok Timur menurunkan satu unit alat berat. Ini sesuai perintah Bupati Lotim, HM Ali BD saat melakukan peninjaun lokasi banjir bersama rombongan.

ALAT BERAT: Alat berat yang diturunkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) ke lokasi banjir Desa Sukadamai. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Lotim, Mulki saat dikonfirmasi membenarkan bila pihaknya telah menurunkan alat berat ke lokasi banjir di Desa Sukadamai sebagaimana arahan Bupati Lotim. ‘’Memang benar kami sudah turunkan alat berat ke lokasi banjir sesuai perintah Bupati Lotim,’’ kata Mulki kepada LOMBOKTODAY.CO.ID, di kantornya, Sabtu (04/2).

Alat berat yang diturunkan itu, menurut Mulki, untuk membersihkan sampah-sampah yang menumpuk di saluran drainase yang menyebabkan terjadinya banjir. Bahkan juga memperbesar draenase maupun gorong-gorong yang ada, agar airnya lancar dan tidak lagi masuk ke pemukiman penduduk. ‘’Alhamdulillah setelah alat berat diturunkan, air yang masih menggenangi pemukiman penduduk sudah berangsur-angsur surut,’’ ungkapnya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Sukadamai, Badrin mengatakan, masyarakat merasa bersyukur dengan adanya alat berat yang diturunkan untuk mengurangi penyebab terjadinya banjir itu. Termasuk melakukan pengerukan terhadap drainase maupun gorong-gorong yang ada untuk diperbesar.

Masyarakat juga membantu bergotong-royong agar masalah banjir ini cepat teratasi dengan baik. ‘’Sampai saat ini, sepanjang 750 meter alat berat itu mengeruk gorong-gorong maupun drainase sehingga air menjadi lancar dan tidak naik lagi ke jalan raya maupun rumah penduduk,’’ kata Badrin. (SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *