Monday, 17 April 2017

Ribuan Peserta Ikuti Karnaval Budaya Pesona Bau Nyale 2017

‘’Kerjasama Bagian Humas dan Protokol Setdakab Loteng dengan Media Online LOMBOKTODAY.CO.ID’’

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Berbagai kegiatan dilakukan untuk menyambut Festival Pesona Bau Nyale di Pantai Seger, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, 16-17 Februari 2017. Salah satunya kegiatan karnaval yang sudah menjadi agenda rutin yang diadakan setiap tahunnya sebelum puncak Pesona Bau Nyale.

KARNAVAL: Suasana kegiatan Karnval Budaya Bau Nyale yang dikemas berbeda dari tahun sebelumnya. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Karnval Budaya Bau Nyale tahun ini dikemas berbeda dari tahun sebelumnya. Mulai dari lokasi, peserta hingga tema yang diusung. Untuk lokasi, sebelumnya dilakukan di Kuta, Kecamatan Pujut. Meski sempat mendapat kritikan dari masyarakat Kuta, namun hal itu bisa diredam. Terbukti dari partisipasi warga Kuta dalam kegiatan tersebut.

Sedangkan untuk peserta, tahun ini sejumlah kabupaten/kota yang ada di NTB, turut berpartisipasi. Mengingat tahun ini Festival Bau Nyale sudah menjadi agenda nasional. Sehingga pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi NTB turut berpartisipasi. Sebelumnya, peserta hanya dari Lombok Tengah saja.

Untuk tema kali ini mengusung biota laut atau bahari serta heritage of mandalika. Dengan mengadopsi karnaval seperti Jember Fashion Carnival dan mendatangkan salah satu desainer pada karnaval tersebut, karnaval Bau Nyale kedepan diharapkan mampu menarik perhatian massa.

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setdakab Lombok Tengah, HL Herdan mengatakan, untuk rute karnaval budaya tahun sedikit dikemas berbeda. ‘’Start di lapangan PSLT, kemudian menuju Jalan Sudirman terus melewati panggung utama kantor bupati dan finish di Masjid Agung Praya,’’ kata HL Herdan.

Karnaval kali ini langsung dinilai oleh Miss Indonesia 2016 serta oleh Marta Tilaar, dengan total hadiah Rp50 juta.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri mengatakan, kegiatan karnval Bau Nyale ini akan menjadi kalender pariwisata nasional. Karena, kegiatan ini diharapkan bisa mendukung pariwisata di Loteng. ‘’Kami harap agenda ini bisa menjadi menarik massa, sehingga bisa menjadi promosi wisata Loteng,’’ tuturnya.

Pantauan LOMBOKTODAY.CO.ID di lokasi kegiatan, sepanjang jalan dipenuhi oleh ribuan warga yang ingin menyaksikan langsung karnaval ini. Karnaval ini mendapat perhatian khusus dari wisatawan mancanegara yang turut menjadi peserta pada kegiatan karnaval tersebut. Kegiatan itu juga mendapat pengawalan dari pihak Polres Loteng. Sehingga kegiatan karnaval Pesona Bau Nyale 2017 itu berjalan aman dan sukses.(ROS/adv)

Kirim Komentar

Tinggalkan Balasan