IPEMI Inspirasi Wirausaha Wanita Muslimah

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Peningkatan kapasitas perempuan terus menjadi perhatian dan program TP PKK Provinsi NTB. Seluruh upaya dan kegiatan yang mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga, termasuk pengembangan wirausaha perempuan, mendapatkan perhatian dan dukungan penuh. ‘’Saya akan melakukan yang terbaik untuk mendukung ibu-ibu,’’ kata Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Erica Zainul Majdi saat menerima Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) NTB, Hj Bau Intan Sunardi Ayub dan jajarannya, di pendopo gubernur NTB, Rabu (05/4).

Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Erica Zainul Majdi saat menerima Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) NTB, Hj Bau Intan Sunardi Ayub dan jajarannya, di pendopo gubernur NTB, Rabu (05/4).

Hj Erica memberikan dukungan penuh bagi jalannya Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) sebagai salah satu organisasi mandiri di NTB. Ia menilai, kehadiran IPEMI dapat menjadi salah satu energi baru bagi wanita muslimah di NTB dalam mengembangkan kemandirian usaha dan jiwa wirausaha. Tak hanya itu, IPEMI juga dapat menjadi inspirasi dan semangat bagi muslimah lainnya untuk mengembangkan usaha dalam pemberdayaan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan.

Untuk penguatan organisasi, Hj Erica menyarankan IPEMI membangun jaringan kerjasama dengan instansi terkait serta organisasi-organisasi yang sejalan untuk mengembangkan hubungan dan jaringan usaha yang lebih kuat. Selain itu, IPEMI harus mampu membangun serta mengembangkan potensi yang ada untuk berkreasi meningkatkan ekonomi anggota dan masyarakat secara lebih luas.

‘’Membangun jaringan building networking harus diperkuat, kita yang harus proaktif. Ibu-ibu di sini jauh lebih cerdas dan ikhlas dari pada sekadar menjadi jembatan penyaluran program-program dari pusat ke daerah. Tapi, sebagaimana kekhasan dari wirausaha adalah membuka peluang, membangun kemandirian usaha untuk diri sendiri dan masyarakat itu yang harus dikedepankan,’’ ungkap Hj Erica memberikan semangat ibu-ibu anggota IPEMI.

Hj Erica juga menjelaskan, banyak cara dan jalan untuk bisa belajar meningkatkan kapasitas diri. Namun, yang tidak boleh dilupakan, prinsip dari wirausaha mandiri adalah menciptakan usaha sendiri yang diharapkan akan mendatangkan bantuan-bantuan dari pihak lain. ‘’IPEMI harus mampu menjalin pembinaan sampai ke tingkat bawah, sehingga kemandirian yang kokoh serta kesinambungan organisasi, dapat terbangun dan sinergitas program kerja dapat diraih dari akar organisasi sampai ke tingkat pusat,’’ ujarnya.

Sementara itu, silaturrahmi tersebut diawali dengan memperkenalkan IPEMI dan tujuan dibentuknya organisasi tersebut. Hj Bau Intan menjelaskan tujuan organisasi tersebut untuk mendukung penguatan usaha masyarakat dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki potensi di bidang peningkatan usaha masyarakat.

Sedangkan visi dan misinya, menjadi organisasi yang bermanfaat dan mandiri bagi upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi muslimah dan masyarakat secara luas menuju kemandirian yang berkepribadian dan berakhlaqul karimah.(ar/wan/bul/ltd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *