Festival Pesona Tambora 2017, Dorong Percepatan Pembangunan di Pulau Sumbawa

Desa Mantar, Kecamatan Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Festival Pesona Tambora 2017 yang berlangsung dari 5-11 April 2017, di latar belakangi untuk menyukseskan Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia, menyukseskan Pesona Lombok Sumbawa dan bagian dari kalender Tambora Menyapa Dunia serta untuk mendorong percepatan pembangunan di Pulau Sumbawa.

Obyek Wisata di Desa Mantar, Kecamatan Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Pra acara tersebut telah dimulai dari 1 April 2017 berupa penampilan tarian menggunakan pakaian adat Dompu (Katente, Saremba dan Sambolo) yang diikuti oleh sekitar 2.000 orang penari yang dihajatkan untuk memecahkan rekor Muri. Atraksi lainnya juga ditampilkan Barapan Kebo di Kecamatan Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan acara Gemar Makan Ikan di Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu.

Disamping itu, pada 5 April 2017, telah berlangsung Festival Mantar dengan kegiatan Atraksi Para Layang dan Seni Budaya Rakyat yang dipusatkan di Desa Mantar, Kecamatan Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Kegiatan yang tidak kalah menariknya juga Tambora Challenge 320 K yang diikuti oleh 23 orang pelari nasional dan satu orang pelari internasional dari Kenya.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, HL Muh Faozal, lari marathon ini tergolong ektrim, karena para pelari akan lari secara terus-menerus. ‘’Para pelari ini akan lari terus-menerus selama tiga hari dua malam dari tanggal 5-8 April 2017 dan akan dilepas oleh Bupati KSB, W Musyafirin, start dari Desa Mantar, Kecamatan Seteluk, dan akan finish di Dora Ncanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu,’’ kata HL Muh Faozal kepada wartawan di kantornya, Kamis (06/4).

Sementara itu, Kasi Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H Abdul Haris kepada LOMBOKTODAY.CO.ID mengatakan, untuk tanggal 8 April 2017, akan digelar seminar bertemakan ‘’Bangkit Bima’’ dan juga akan ada pemeran Ekonomi Kreatif di atas Kapal Perang milik TNI AL dengan pembicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Sedangkan puncak acara pada 11 April 2017, akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla, yang akan dirangkaikan juga dengan pengapalan perdana untuk Gula Tambora.(bul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *