Tokoh Sembalun Datangi Bupati Lotim

HEARING: Para tokoh masyarakat Sembalun saat mendatangi pendopo bupati Lombok Timur guna meminta kejelasan mengenai status tanah adat. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

‘’Terkait Tanah Adat Ulayat’’

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Para tokoh masyarakat Kecamatan Sembalun, Lombok Timur mendatangi Bupati Lombok Timur, HM Ali BD di pendoponya, pada Senin malam (10/4). Kedatangan mereka tak lain untuk menyampaikan aspirasinya terkait tuntutan warga mengenai masalah status Tanah Adat atau Ulayat yang saat ini tengah diperjuangkan sejumlah Lembaga Adat Sembalun.

HEARING: Para tokoh masyarakat Sembalun saat mendatangi pendopo bupati Lombok Timur guna meminta kejelasan mengenai status tanah adat. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Kedatangan para tokoh itu dipimpin Camat Sembalun, Usman dan Kepala Desa Sembalun Lawang, HM Idris. Mereka diterima langsung Bupati Lombok Timur, HM Ali BD bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, H Rahman Farly, dan Kepala Bakesbangpoldagri Lombok Timur, Sudirman.

Bupati Lombok Timur, HM Ali BD di hadapan para tokoh tersebut mengakui bila selama ini sudah banyak surat masuk dengan mengatasnamakan Lembaga Adat Sembalun. Tapi, dirinya sulit untuk memberikan jawaban, mengingat terlalu banyaknya kepentingan didalamnya. Meskipun diantara lembaga adat tersebut ada yang menyampaikan dalam suratnya mengenai kerinduan tentang tatanan adat yang ada. Sehingga ia selaku bupati sangat menyayangkan kenapa masyarakat mau menjual lahannya.

‘’Rata-rata isi surat yang masuk, mereka minta mengenai status hukum tanah adat di Sembalun. Bukan karena masalah perusahaan yang saat ini berada di Sembalun. Itu sebabnya saya minta kepada masyarakat untuk selesaikan persoalan tanah adat yang ada di Sembalun ini agar jelas. Artinya, mana milik adat, setelah itu baru bisa meluas ke lahan yang lainnya,’’ kata bupati.

Menurut bupati, mestinya harus ada pemangku adat untuk mengakomodir lembaga adat yang lain guna menjunjung nilai kebersamaan.

Dalam kesempatan yang sama, Kades Sembalun Lawang, HM Idris meminta Bupati Lombok Timur, HM Ali BD agar apa yang menjadi aspirasi masyarakat Sembalun terkait status tanah adat agar bisa direspon. Hal ini penting guna mengakomodir berbagai permasalahan yang muncul selama ini di tengah-tengah masyarakat terkait masalah tanah adat tersebut.

‘’Kedatangan kami ini hendaknya pak bupati bisa memberikan jawaban atas aspirasi yang telah kami sampaikan. Karena, masalahnya sangat penting untuk masyarakat kami di desa,’’ katanya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *