Bulog Bersedia Ganti Beras Kualitas Buruk

KUALITAS BURUK: Inilah beras yang telah didistribusikan dengan kualitas buruk ke masyarakat KLU, dan pihak Bulog Divre NTB siap untuk menggantinya. (Foto: Danu/Lomboktoday.co.id)

KLU, LOMBOKTODAY.CO.ID – Protes warga Kabupaten Lombok Utara (KLU) terkait kualitas beras sejahtera (Rastra) yang mereka terima beberapa waktu lalu, akhirya direspon pihak Bulog Divre NTB. ‘’Pada dasarnya, beras yang didistribusikan ke KLU berkualitas bagus, meski diakui ada beberapa karung yang ditemukan dengan kondisi tidak layak. Dan itu akan kita ganti,’’ ,kata Kepala Bulog Divre NTB, Achmad Ma’mun, usai bertemu Bupati KLU, H Najmul Akhyar di Tanjung, Selasa (18/4).

KUALITAS BURUK: Inilah beras yang telah didistribusikan dengan kualitas buruk ke masyarakat KLU, dan pihak Bulog Divre NTB siap untuk menggantinya. (Foto: Danu/Lomboktoday.co.id)

Ma’mun mengakui, beberapa karung yang berkualitas tidak baik itu, lolos dari pengecekan petugas di gudang. Sehingga terlanjur dibagikan. ‘’Sebelum didistribusikan, beras memang harus disortir terlebih dahulu oleh tim, tapi mungkin sebagian beras itu lolos,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Bupati KLU, H Najmul Akhyar meyakinkan warga jika pihak Bulog telah bersedia mengganti beras yang sudah didistribusikan dalam 1×24 jam. ‘’Kami sudah bertemu dengan pihak Bulog dan mereka siap mengganti,’’ katanya.

Kedepan, lanjut bupati, semua pihak yang terkait, mulai dari desa, kecamatan, dinas terkait dan Bulog sendiri, harus membuat group Whats App (WA), agar lebih memudahkan komunikasi jika ada keluhan warga atau ditemukan beras dengan kualitas tidak layak konsumsi (buruk). ‘’Kalau ada WA kan lebih mudah, begitu ada keluhan bisa langsung di ketahui oleh Bulog,’’ ungkapnya.

Dari data yang ada, terdapat sebanyak 144 karung beras yang telah dikembalikan warga. Dengan lokasi distribusi di Dusun Mentigi, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang. Total keseluruhan jatah Rastra di KLU untuk tahun 2017 ini sebanyak 6.075.900 kg, dengan jumlah Kelompok Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 33.755 jiwa.(DNU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *