Tuesday, 18 April 2017

DD Loteng Belum Cair

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Program pembangunan yang ada di desa di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, dipastikan akan molor. Hal ini imbas dari molornya pencairan dana desa (DD) yang tidak kunjung ada kabarnya hingga bulan April 2017.

Asisten I Setdakab Lombok Tengah, HL Moh Amin. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Asisten I Setdakab Lombok Tengah, HL Moh Amin mengatakan, molornya pencairan DD ini diakibatkan oleh sejumlah permasalahan berbeda yang dialami masing-masing desa. Diantaranya; dikarenakan sejumlah desa yang masih saja belum mentaati aturan yang berlaku. Begitu pula dengan adanya pergantian perangkat yang sering terjadi di tubuh pemerintahan desa. Sehingga pencairan masih belum bisa dilakukan.

‘’Desa seharusnya bisa mentaati peraturan sesuai mekanisme yang  berlaku. Sehingga pencairan bisa segera dilakukan,’’ kata HL Moh Amin kepada wartawan di kantornya, Selasa (18/4).

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, kata Moh Amin, sudah menyediakan infrastruktur yang bisa memudahkan dan mengatur semuanya. Seperti adanya pembuatan peraturan daerah (Perda), peraturan bupati (Perbup) dan lainnya. Selain itu, untuk menuntaskan permasalahan ini, pemerintah kecamatan diminta lebih proaktif. Upaya ini dilakukan untuk memantau apa yang menjadi persoalan yang dialami desa. Sehingga berimbas pada molornya pencairan DD. ‘’Dengan adanya perubahan PP No.19, kami berharap camat bisa bekerja lebih baik. Bukan malah tambah kendor,’’ ungkapnya.

Dalam menyikapi persoalan ini, Pemkab Lombok Tengah tidah tinggal diam. Setiap ada kesulitan yang dialami desa, sebisa mungkin akan memberikan bantuan. Dalam hal ini, ada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang bisa menjembatani mereka. ‘’Kalau memang ada kesulitan, silakan laporkan ke DPMD. Pokoknya, setiap kesulitan akan diupayakan ada bantuan,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Pemkab Loteng sudah menargetkan pencairan DD di semua desa akan dituntaskan sebelum Mei 2017. Meski banyak persoalan yang dialami oleh desa, namun pihaknya tetap optimis bila DD ini bisa dicairkan sesuai target yang sudah ditentukan. ‘’Targetnya sebelum Mei harus cair semua,’’ katanya optimis.(ROS)

Kirim Komentar

Tinggalkan Balasan