KPU Gunakan Data Disdukcapil

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Untuk data pemilih pada pelaksanaan Pilkada Lombok Timur 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur tetap menggunakan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lombok Timur.

‘’Kita tetap menggunakan data Disdukcapil,’’ kata Ketua KPU Lombok Timur, M Saleh dalam rapat koordinasi pemuktahiran data pemilih berkelanjutan Semester I tahun 2017, di Sawing, Kamis (20/4).

Menurut Saleh, dalam pemuktahiran data itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan dinas/instansi terkait. Seperti halnya terkait data orang yang meninggal dunia (MD). ‘’Untuk mendapatkan data MD, KPU jemput bola, turun langsung ke desa,’’ ungkapnya.

Terkait data masyarakat yang MD dari desa, hingga saat ini hampir 100 lebih desa belum menyampaikan data MD tersebut. Dan pihaknya mengaku kalau KPU mengalami kendala terkait pendataan ulang. Lebih-lebih pihaknya belum mendapatkan data penduduk untuk Semester II tahun 2017 dari pihak Disdukcapil. ‘’Kami juga mengambil data dari BPMPD, terutama data terkait pelaksanaan Pilkades lalu,’’ ujarnya.

Pihaknya meminta Disdukcapil untuk segera menghabiskan perekaman terhadap masyarakat. Mengingat sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum melakukan perekaman.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *