Kualitas SDM Ditentukan Mutu Pendidikan

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin mengungkapkan, peningkatan SDM sangat mutlak untuk dilakukan. Menurut Wagub, pendidikan di NTB harus maju untuk mendorong peningkatan kualitas SDM yang ada. Hal ini perlu, mengingat NTB memiliki sumber daya alam yang kaya. Selain itu, potensi pertanian, peternakan, dan pertambangan sangat besar untuk mendukung kesejahteraan masyarakat. Sehingga, kualitas SDM akan ditentukan oleh mutu pendidikan.

Wagub NTB, H Muh Amin memberikan sambutan pada acara Puncak Hari Ulang Tahun Akbar Yayasan Maraqitta’limat ke-65 di halaman STIKES Al-Hamzar Maben, Lombok Timur, Sabtu (23/4).

‘’Bila sumber daya alam kita ini tidak dikelola dengan sumber daya manusia yang handal, maka itu akan sia-sia, karena tidak akan bisa meningkatakan kesejahtraan dan upaya-upaya dalam pengentasan kemiskinan,’’ kata Wagub NTB, H Muh Amin saat Puncak Hari Ulang Tahun Akbar Yayasan Maraqitta’limat ke-65 di halaman STIKES  Al-Hamzar Maben, Lombok Timur, Sabtu (23/4).

Meski dihadiri ribuan jama’ah, kegiatan ini  berlangsung sangat khidmat. Menurutnya, melalui pendidikan akan lahir generasi yang beriman dan berakhlakul karimah. Bagaimanapun kulaitas pendidikan dan pengetahuan manusia, harus dilandasi dengan iman dan takwa serta ahlaqul karimah. Kalau tidak, maka pendidikan tersebut tidak memiliki makna apa-apa.

Karenanya, Wagub mengajak semua hadirin untuk bersama-sama berkomitmen dan berpartisipasi  dalam membangun daerah ini, baik itu provinsi maupun kabupaten/kota guna mengisi pembangunan dengan kreasi dan inovasi guna meningkatkan kesejahtraan masyarakatnya.

Selain itu, Wagub mengapresiasi pelaksanaan acara ulang tahun Akbar Yayasan Maraqitta’limat yang ke-65 tersebut. Diusianya tersebut, Yayasan Maraqitta’limat mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini nampak dari didirikannya lembaga pendidikan tinggi yang ada di kawasan Ponpes tersebut.

Pimpinan pusat Yayasan Maraqitta’limat, TGH Hazmi Hamzar mengatakan, sebenarnya Yayasan Maraqitta’limat ini dirintis jauh sebelum Indonesia merdeka oleh TGH Arsyad melalui majlis-majlis ta’lim. Perkembangan majlis ta’lim inipun cukup menggembirakan, lebih-lebih setelah pulangnya putra beliau (TGH Zainudin Arsyad) dari Makkah Almukarromah pada 1930 silam, sebagai pelanjut dari TGH Arsyad.

Seiring dengan perkembangn zaman, ratusan majlis ta’lim yang dibinanya di tingkatkan statusnya menjadi sebuah Lembaga Pendidikan Yayasan Maraqitta’limat pada tahun 1952 silam. Sayangnya ketika perkembangan yayasan ini menunjukkan kemajuan, pada tahun 1991 lalu, TGH Zainuddin Arsyad berpulang ke Rahmatullah. Dan kepemimpinannya pun diganti oleh putra beliau yang ke-tiga yaitu TGH Hazmi Hamzar.

Diusia yayasan yang ke-65 ini, sudah banyak kemajuan yang capai, seperti di bidang pendidikan, Maraqitta’limat sudah memiliki 18 Madrasah Ibtidaiyah, tiga SD Islam, 14 buah Madrasah Tsanawiyah (MTs), SMP, SMA, dan Madrasah Aliyah (MA). Di samping itu, juga didirikan dua buah perguruan tinggi, yaitu STIKES dan STKIP Hamzar yang sudah banyak memberikan kontribusi  dalam pemenuhan SDM bidang kesehatan dan pendidikan di Propinsi NTB.

Pada Ultahnya yang ke-65 ini, hadir dalam acara tersebut, anggota DPD RI Dapil NTB, H Suhaimi Ismi, Bupati Lombok Timur, HM Ali BD, anggota DPRD Provinsi NTB, utusan FKPD NTB, utusan SKPD Lombok Timur dan para kiyai masyaeh dan ribuan jamaah lainnya.(ar/wan/bul/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply