PT Djarum Berkomitmen Bangun Tembakau Virginia Lombok

SERAHKAN MoU: H Iskandar menyerahkan secara simbolis hasil penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dengan petani binaannya. (Foto: Makbul/Lomboktoday.co.id)

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Peringatan Hari Ulang Tahun PT Djarum ke-66 telah dilaksanakan di Gudang Djarum Station Lombok, Montong Gamang, Sabtu (22/4), yang dihadiri oleh para petani binaannya dan karyawan/karyawati PT Djarum serta sejumlah undangan, baik dari tokoh agama, tokoh masyarakat dari Lombok Tengah dan Lombok Timur.

SERAHKAN MoU: H Iskandar menyerahkan secara simbolis hasil penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dengan petani binaannya. (Foto: Makbul/Lomboktoday.co.id)

H Iskandar selaku Senior Manager—Tobacco Purchasing Lombok dalam kata sambutannya mengatakan, dihari jadi yang ke-66 ini, banyak kiprah yang dilakukan oleh PT Djarum dalam membangun negeri ini, termasuk di Nusa Tenggara Barat (NTB). ‘’PT Djarum secara nasional banyak melakukan pembinaan, baik disektor sosial, pendidikan dan olah raga. Seperti pemberian beasiswa kepada para mahasiswa dan membangun prestasi Bulutangkis (Badminton) Tanah Air,’’ kata Iskandar kepada LOMBOKTODAY.CO.ID, di kantornya, Sabtu (22/4).

Menurut H Iskandar, PT Djarum masuk di Lombok sejak 1985 lalu dengan misi untuk membina petani  memproduksi tembakau omprongan sebagai bahan dasar pembuatan rokok. Untuk itu, pihaknya melakukan berbagai macam strategi untuk pengembangan tembakau Virginia seperti meningkatkan kualitas kemitraan, inovasi terknologi berupa mekanisasi, pemilihan bibit yang unggul sesuai permintaan pasar, pemakaian pupuk yang berimbang dan lainnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pada HUT ke-66 itu, pihaknya juga melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama kemitraan antar petani tembakau dengan PT Djarum untuk musim tanam 2017 yang dilakukan secara simbolis bersama perwakilan petani binaan.

PT Djarum Station Lombok berkomitmen untuk terus membina petani tembakau Virginia Lombok untuk menciptakan tembakau yang berkualitas. ‘’Saat ini, Lombok menyumbang hampir 90 persen kebutuhan tembakau nasional, sehingga kami berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan kepada para petani, karena tembakau Lombok memang termasuk tembakau yang berkualitas,’’ ungkapnya.

Sebagai rangkaian dari peringatan HUT tersebut, pihak Djarum Station Lombok telah melakukan berbagai macam kegiatan sosial seperti penanaman pohon pelindung bersama beberapa sekolah SMK, melakukan donor darah dan memberikan sumbangan sosial lainnya.(bul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *