Warga Binaan Rutan Selong Gelar Presean

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Ratusan nara pidana (napi) yang menjadi warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Selong, Lombok Timur, menggelar pertandingan kesenian tradisional presean antar warga binaan dengan para pegawai Rutan Selong. Kegiatan pertandingan kesenian tradisional presean itu, dilakukan untuk menyemarakkan peringatan Hari Bhakti Pemsyarakatan ke-53 tahun 2017.

PRESEAN: Dua pepadu dari warga binaan Rutan Selong beradu tanding dalam kegiatan kesenian tradisional presean. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Kepala Rutan Selong, Kurnia Panji Pamekas mengatakan, kegiatan presean ini digelar untuk melestarikan budaya Sasak. Apalagi belakangan ini, presean sudah populer di tengah-tengah masyarakat Lombok Timur khususnya, dan NTB pada umumnya.

Lebih-lebbih dengan adanya perintah kementerian untuk memperlombakan permainan tradisional, sehingga pihak Rutan Selong berinisiatif untuk melombakan lari menggunakan trompa secara berkelompok dan presean. ‘’Luar biasa sambutan dari warga binaan dengan adanya adu tanding presean yang dilakukan oleh para warga binaan,’’ kata Kurnia Panji Pamekas kepada wartawan di kantornya, Sabtu (22/4).

Dalam presean ini, terlihat banyak diantara para warga binaan itu yang menjadi pepadu. Mereka menampilkan pukulan terbaiknya, tanpa ada yang direkayasa dari warga binaan. Namun mereka tetap dalam koridor menjaga tali silaturrahmi dan kebersamaan antara warga binaan dengan para petugas Rutan Selong. Sambil menghilangkan kesan bila Rutan itu memang tidak serem dan menakutkan.

‘’Kedepannya pihak Rutan akan terus mengadakan kegiatan seperti ini dalam menyambut hari-hari nasional seperti HUT Kemerdekaan RI maupun yang lainnya, dengan satu tujuan terciptanya kebersamaan,’’ ungkapnya.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply