Friday, 19 May 2017

28 Acara Bakal Semarakkan Bulan Puasa Ramadhan 1438 Hijriyah

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menyiapkan banyak acara untuk meramaikan bulan Puasa Ramadhan 1438 Hijriyah tahun 2017 ini.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, HL Mohammad Faozal (kiri) saat memberikan keterangan pers di kantornya, Rabu (17/5). (Foto: L Mandra Setiawan/Lomboktoday.co.id)

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, HL Mohammad Faozal mengatakan, setidaknya ada 28 kegiatan yang akan digelar dalam rentang waktu sebulan yang akan datang, sejak 25 Mei—26 Juni 2017. ‘’Kita akan mulai dengan kick off mengawali seluruh rangkaian Pesona Khazanah Ramadhan diawali dengan Fun Walk Ramadan tanggal 21 Mei 2017. Ini semacam olahraga menyambut bulan Ramadhan,’’ kata Kadis Pariwisata NTB, HL Mohammad Faozal kepada wartawan saat konferensi pers di kantornya, Rabu (17/5).

Pada 25 Mei 2017, akan dilakukan seremoni pembukaan dan akan berbarengan dengan acara Tablik Akbar. Jika tidak ada halangan, Ustadz Yusuf Mansur dan Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi akan memimpin langsung acara tersebut.

Dalam rangkaian acara ini, acara keagamaan menjadi fokus utama. Kehadiran beberapa imam besar dari Timur Tengah, dijanjikan Faozal menjadi daya tarik utama. ‘’Imam besar yang akan mengisi pada bulan puasa, Insya Allah akan datang ke Lombok adalah Prof Dr Syeikh Khalid Barakat asal Lebanon, Syeikh Ezzat El-Sayyed asal Mesir, Syeikh Mouad Douaik asal Maroko dan Syeikh Ahmad Jalal Abdullah Yahya asal Yordania. Kesemuanya akan datang bergantian sebagai imam salat tarawih di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center (IC) NTB,’’ ungkapnya.

Selain acara keagamaan, lanjut Faozal, sejumlah acara hiburan juga disiapkan. Mulai dari Kampung Kuliner Ramadhan, Kampung Ekonomi Kreatif Ramadhan, Kampung Holtikultura, Pameran Buku dan Budaya Islami hingga berbagai lomba. Seperti lomba video blog, foto, blog dan lomba kaligrafi.

‘’Ada juga di bulan puasa nanti, setiap Kamis malam kita berbuka bersama seribu anak yatim piatu. Ini hasil sumbangan dari teman-teman swasta dan pengusaha yang ada di Kota Mataram. Kalau tidak sampai seribu sehari, mungkin 300-500 orang anak yatim piatu,’’ ujarnya.

Untuk menghibur warga selama berada di Islamic Center NTB, pihaknya juga menjanjikan adanya fasilitas internet gratis di area IC. Ini hanya berlaku selama bulan Puasa Ramadhan, dan untuk awak media juga akan disediakan media center.

Sebagai bentuk toleransi antar ummat beragama, Faozal mengakui Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) dan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Mataram akan memasang lampion di sekitar jalan masuk Islamic Center. Ini untuk menyemarakkan suasana, layaknya saat berlangsungnya MTQ di Mataram tahun lalu. ‘’Pak Gubernur sendiri juga minta supaya biar lebih ramai, agar pada perayaan Ramadhan kali ini sama meriahnya seperti pada acara MTQ Nasional tahun lalu,’’ pungkasnya.(wan)

Kirim Komentar

Tinggalkan Balasan