Gubernur NTB Dikunjungi Konjen India, Tawarkan Program Beasiswa Penuh

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Konsulat Jenderal (Konjen) India di Bali, RO Sunil Babu melaksanakan kunjungan kerja selama 2 (dua)  hari di Nusa Tenggara Barat (NTB). Mengawali kunjungan kerja di Bumi Seribu Masjid ini, Sunil Babu yang didampingi Sekretarisnya itu, menemui Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi, di ruang kerjanya, Rabu (17/5).

Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi bersama Konjen India di Bali, Sunil Babu, saat acara kunjungan kerjanya ke Provinsi NTB, di ruang kerja gubernur NTB, Rabu (17/5).

Tujuannya adalah untuk menawarkan program beasiswa pendidikan penuh bagi putra-putri NTB yang berminat melanjutkan pendidikan jenjang S1, S2 dan S3 di India. Pemerintah India akan menyediakan beasiswa penuh untuk biaya pendidikannya hingga selesai.

Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi saat itu didampingi Asisten Perekonomian Setda Provinsi NTB, H Chairul Mahsul dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Drs H Suruji menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan Konjen India tersebut. Dengan bahasa Inggris, Gubernur NTB yang akrab disapa TGB (Tuan Guru Bajang) menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan program beasiswa pendidikan yang disediakan oleh Pemerintah India.

Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi mengungkapkan, pendidikan merupakan aspek yang mendasar dalam pembangunan bangsa, termasuk di NTB. Oleh karena itu, Pemda NTB saat ini terus mendorong sektor pendidikan dengan mengembangkan berbagai inovasi untuk  mempercepat progress atau kemajuan pendidikan. Bahkan, TGB juga menceritakan, pekan lalu mengunjungi mahasiswa NTB di Jateng (Jawa Tengah) dan Yogyakarta guna memotivasi mereka agar giat belajar dan menempa diri.

Gubernur TGB menyampaikan kekagumannya pada kemajuan pendidikan di India. Dimana, India  memiliki banyak inventor. Bahkan, di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, India mengalami perkembangan teknologi sangat cepat.

Dilihat dari sejarah, kata TGB, Indonesia dan India telah memiliki hubungan erat sejak sebelum kemerdekaan. Bahkan, masyarakat Indonesia dan India dalam beberapa sisi memiliki banyak kesamaan. Dalam proses kemerdekaan RI, negara India adalah negara pertama yang memberi pengakuan. Namun bedanya India dalam sejarah kolonialisme, Inggris mengajarkan India, sedangkan apa yang dilakukan Belanda terhadap Indonesia adalah benar-benar menjajah. ‘’Kami berharap program beasiswa yang ditawarkan India akan dapat dimanfaatkan memperkuat kemajuan pendidikan di NTB,’’ katanya.

Konjen India, Sunil Babu mengungkapkan, hubungan India—Indonesia, selain diwujudkan dalam bidang kerjasama pendidikan dan kebudayaan, juga hubungan antar masyarakat kedua negara semakin erat, dengan makin berkembangnya sektor pariwisata. Masyarakat India yang melancong ke Indonesia, termasuk NTB terus meningkat. ‘’Seperti anda katakan, Indonesia dan India memiliki banyak kesamaan, maka di bidang pariwisata dan kunjungan masyarakat India ke Indonesia juga semakin erat,’’ kata Sunil.

Konjen India ini kemudian melanjutkan kunjungan kerjanya di NTB untuk mengunjungi kampus Universitas Muhammadiyah Mataram.(ar/wan/bul/eka/jar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply