Lomba Kelurahan-Desa Bisa Bangkitkan Kepedulian Masyarakat

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Untuk melihat kemajuan dan perkembangan kelurahan dan desa, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui BPMPD melakukan penilaian dan evaluasi melalui lomba kelurahan dan desa.

Kepala BPMPD Kabupaten Lombok Timur, H Samsudin. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

‘’Dalam lomba ini, masing-masing kecamatan mengajukan desa atau kelurahan yang diandalkan mampu meraih juara,’’ kata Kepala BPMPD Kabupaten Lombok Timur, H Samsudin yang juga ketua tim penilai saat melakukan penilaian di Kelurahan Selong, Rabu (17/5).

Dalam lomba ini, menurut Samsudin, tim penilai melakukan penilaian secara jujur dan obyektif, dan yang dinilai itu yakni kinerja dan sinergi kelurahan dengan masyarakat. ‘’Yang mengikuti lomba ini, sebanyak 20 desa dan tiga kelurahan, yang diajukan oleh masing-masing kecamatan,’’ ungkapnya.

Dalam sambutannya, Kepala BPMPD Lombok Timur, H Samsudin juga menyebutkan, Pemkab Lombok Timur telah mulai menyesuaian anggaran desa dan kelurahan. ‘’Dana keluarahan sekarang tidak terlalu jauh dengan dana desa,’’ ujarnya.

Adanya perimbangan keuangan desa dan kelurahan ini, maka pembangunan masyarakat di tingkat kelurahan sudah bisa berjalan sesuai anggaran yang diberikan pemerintah kepada desa.

Yang dinilai dalam lomba desa dan kelurahan ini ada tiga bidang, yakni pertama, bidang pemerintahan. Dalam bidang pemerintahan ini, telah memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, sebagaimana yang tertuang dalam SOP (syarat operasional pelayanan). ‘’Hingga saat ini, masyarakat masih memberikan raport merah pada pemerintah, terutama berkaitan dengan pelayanan,’’ jelasnya.

Kedua, pihaknya juga menilai bidang kewilayahan dan ketiga, menilai bidang pemberdayaan masyarakat. ‘’Apakah masyarakat sudah diberdayakan dalam segala hal atau tidak. Hal ini juga menjadi salah satu poin dalam penilaian,’’ pungkasnya.(DIM)

Kirim Komentar

Leave a Reply