Perahu Wisata Terbalik di Pantai Gili Lampu

TERBALIK: Perahu yang terbalik di Pantai Pulau Lampu, dipasangkan Police Line. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Perahu wisata terbalik di Pantai Gili Lampu, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, pada Sabtu siang (20/5), sekitar pkl 14.00 Wita. Perahu itu terbalik saat mengangkut 22 orang wisatawan lokal untuk melakukan selancaran atau keliling kawasan Gili Lampu.

TERBALIK: Perahu yang terbalik di Pantai Pulau Lampu, dipasangkan Police Line. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

Akibat insiden tersebut, setidaknya puluhan penumpang perahu itu tenggelam. Namun berhasil menyelamatkan diri dan dibantu oleh nelayan sekitarnya yang melihat kejadian tersebut. Sedangkan kasusnya sudah ditangani pihak kepolisian guna proses hukum lebih lanjut.

Kapolres Lombok Timur, AKBP Wingky Adithyo Kusumo melalui Kapolsek Sambelia, IPTU Zainuddin Basri saat dikonfirmasi membenarkan bila pihaknya telah menerima laporan mengenai adanya perahu wisata yang terbalik di wilayah perairan Pantai Pulau Lampu Sambelia saat melakukan kegiatan beselancaran menggunakan perahu. ‘’Untungnya ke-22 orang penumpang bersama narkodanya selamat, karena ditolong para nelayan dan pemandu wisata lainnya,’’ kata Zainuddin Basri.

Zainuddin menjelaskan, kasus tenggelamnya perahu ini bermula dari keberangkatan perahu dari pesisir Pantai Pulau Lampu yang dinaiki 22 orang penumpang dengan tujuan beselancaran sepanjang pantai Pulau Lampu.

Tapi sayangnya, perahu yang dinahkodai Kamaruddin (35 tahun), pemandu wisata itu, menabrak bekas rakit mutiara di kawasan eks tambak mutiara, sehingga baling-baling perahu sebelah kiri patah membuat perahu tidak seimbang dan tenggelam. ‘’Penumpang juga ikut tenggelam dengan perahu dan langsung berteriak minta tolong,’’ ungkapnya.

Lebih jauh mantan Kapolsek Selong ini menambahkan, melihat kejadian itu para nelayan dan pemandu wisata lainnya langsung memberikan pertolongan dengan menuju ke TKP yang jarak tempuh dari pesisir pantai sekitar lima menit.

Ke-22 orang korban berhasil diselamatkan dan langsung dievakuasi ke pesisir untuk diberikan pertolongan pertama. Sedangkan perahu yang terbalik itu langsung digeret ke pesisir pantai oleh petugas dan langsung dipasangkan Police Line. ‘’Semua penumpang tidak ada yang mengalami cederai atau sampai dibawa ke Puskesmas. Mereka hanya merasa kaget dan trauma dengan kejadian itu. Dan persoalan ini sudah diselesaikan secara damai diantara kedua belah pihak,’’ ungkapnya.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *