Monday, 12 June 2017

Kepala BPBD Loteng Mulai Tancap Gas

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kepala BPBD Kabupaten Lombok Tengah, H Muhammad mulai tancap gas menyusun sejumlah program kerja, pasca dilantik beberapa waktu lalu. Setidaknya pad hari ini, Senin (12/6), BPBD Lombok Tengah melaksanakan kegiatan sosialisasi awal program penyusunan rencana kontijensi kesiapsiagaan, di kantor FKUB Lombok Tengah. Kegiatan itu dibuka langsung Asisten I Setdakab Lombok Tengah, H Moh Amin, dan dihadiri kepala BPMPD, petugas BMKG Mataram, dan sejumlah pihak terkait.

SOSIALISASI: Suasana kegiatan sosialisasi yang digelar BPBD Lombok Tengah di kantor FKUB Lombok Tengah, Senin (12/6). (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Asisten I Setdakab Lombok Tengah, H Moh Amin mengatakan, Kabupaten Lombok Tengah saat ini sudah ditetapkan menjadi rawan bencana. Beberapa waktu lalu, wilayah Lombok Tengah dilanda bencana banjir dan longsor. Sehingga sangat peting dilakukan berbagai program dan langkah mengantisipasi kesiapsiagaan bencana. ‘’Efek penanganan bencana yang tidak efektif bisa meningkatkan angka kemiskinan di wilayah Lombok Tengah. Sehingga perlu dilakukan berbagai upaya untuk menjaga kesiapsiagaan bencana,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Lombok Tengah, H Muhammad mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan aturan untuk menyusun perencanaan penanggulangan bencana yang strategis dan berdasarkan situasi kondisi wilayah. Jadi, untuk mengaplikasikan dan mewujudkan rencana itu, maka dilakukanlah sosialisasi terkait rencana kontijensi bencana ini. ‘’Ketika sebuah situasi tidak ada potensi bencana, maka harus dibuat rencana mitigasi atau pencegahan. Ketika ada situasi kondisi bencana, maka harus dibuat rencana kontijensi, yaitu sebuah skenario penanganan,’’ ungkapnya.(ROS)

Kirim Komentar

Tinggalkan Balasan