Saturday, 17 June 2017

Ratusan Eks Nelayan Lobster Akan Diberikan Bantuan

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Ratusan petani eks nelayan Lobster yang ada di wilayah Pelabuhan Awang, Desa Merta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, akan diberikan bantuan. Bantuan berupa alat budidaya rumput laut, budidaya ikan, dan keramba apung itu, akan diserahkan oleh Dirjen Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, pada minggu depan.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan Lombok Tengah, M Tamrin. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

‘’Jumlah petani eks nelayan Lobster yang diberikan bantuan sebanyak 782 orang yang terdiri dari 83 kelompok,’’ kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Tengah, M Tamrin kepada wartawan di kantornya, Kamis (15/6).

Pemberian bantuan kepada petani eks nelayan Lobster itu, katanya, sebagai tindaklanjut dari larangan Permen yang dikeluarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI tentang larangan penangkapan benih Lobster. Selain itu, bantuan ini juga diberikan dengan tujuan petani Lobster tersebut akan dijadikan sebagai pelaku usaha budidaya air laut.

‘’Karena penangkapan bibit Lobster itu tetap dilarang, sehingga pihak kementerian memberikan bantuan berupa alat budidaya kepada mereka (petani eks nelayan Lobster, Red),’’ ungkapnya.

Karena itu, para petani eks nelayan Lobster yang diberikan bantaun alat budidaya ini, nanti akan dibuatnya surat pernyataan untuk tidak melakukan penangkapan terhadap benih Lobster, sesuai larangan dari Permen yang dikeluarkan itu.(ROS)

Kirim Komentar

Tinggalkan Balasan