Idul Fitri 1438 H, Pawai Takbiran Bergema di Bumi Tastura

LAMPION: Salah satu peserta pawai takbiran dan lampionnya. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Berbagai kegiatan digelar masyarakat, tokoh pemuda, remaja masjid dan Pemerintahan Desa di wilayah Bumi Tatas Tuhu Trasna (Tastura) Lombok Tengah dalam memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah/2017. Begitu pula dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah dengan menggelar lomba Pawai Takbiran dan Lampion, pada Sabtu malam (24/6).

LAMPION: Salah satu peserta pawai takbiran dan lampionnya. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta dari remaja masjid dan semua SKPM lingkup Pemkab Lombok Tengah itu, dipusatkan di Kota Praya. Para peserta akan memperebutkan hadiah Rp42 juta dalam lomba tersebut. Peserta Pawai Takbiran dan Lampion dilepas oleh Asisten III Setdakap Lombok Tengah, H Idham Halid di lapangan Bundar Praya. Sedangkan di panggung kehormatan, para peserta diterima oleh Wakil Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, Ketua DPRD Loteng, H Achmad Puadi, Sekda Loteng, HM Nursiah, dan kepala SKPM Loteng.

‘’Rute yang ditempuh dalam kegiatan Pawai Takbiran dan Lampion ini, startnya dimulai dari lokasi pelepasan di lapangan Bundar Praya menuju ke Utara, kemudian menuju pendopo bupati, terus berjalan menuju Jalan Gajah Mada depan Pertokoan Praya, melewati panggung kehormatan di depan kantor bupati, dan  finish di simpang empat Kodim 1620 Lombok Tengah,’’ kata Kabag Humas dan Protokol Setdakab Lombok Tengah,’’ HL Herdan kepada wartawan.

Sedangkan untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri 1438 Hijriyah bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) akan dipusatkan di Alun-Alun Tastura Loteng. Pantauan LOMBOKTODAY.CO.ID di lokasi acara, terlihat ribuan masyarakat Lombok Tengah membanjiri Kota Praya untuk menyaksikan secara langsung kemeriahan perayan Malam Takbiran Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah. Tak hanya itu, sebagian masyarakat juga ikut mengabadikan atau megambil foto miniature dari peserta Pawai Lampion menggunakan kamare HP maupun kamera digital.

Sementara itu, untuk kelancaran arus lalu lintas di Lombok Tengah, personel kepolisian dari Polres Lombok Tengah, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Lombok Tengah diterjunkan untuk mengamankan malam perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah. Bahkan, untuk menghindari kemacetan, sejumlah jalan di Kota Praya pun ditutup dan pihak kepolisian memberlakukan jalur satu arah.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *