Membuka Hari dengan Kebaikan

SUMBAWA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Memulai kegiatan roadshow dan kunjungan kerjanya di Kabupaten Sumbawa, Gubernur NTB, Dr TGH  M Zainul Majdi didampingi sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Provinsi NTB dan Kabupaten Sumbawa, membukanya dengan sholat subuh berjamaah di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar, Sabtu pagi (08/7).

BERSALAMAN: Para jamaah sholat subuh bersalaman dengan Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi usai shoolat subuh dan tausyiah di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar, Sabtu pagi (08/7).

Di masjid kebanggaan masyarakat Samawa ini, Gubernur NTB yang akrab disapa TGB (Tuan Guru Bajang) itu menjadi imam sholat subuh sekaligus memberikan tausyiah. Dalam tausyiah di hadapan ratusan jamaah yang hadir menunaikan ibadah sholat subuh yang sejuk itu, Gubernur NTB mengajak jamaah untuk senantiasa bersyukur dan membuka setiap aktivitas dengan kebaikan.

Sebab bersyukur, kata TGB (Tuan Guru Bajang)—begitu Gubernur NTB ini biasa disapa adalah salah satu perbuatan baik di mata Allah SWT dan sholat subuh berjamaah inipun adalah bentuk kesyukuran dan suatu kebaikan. ‘’Sebaik-baik pembuka hari adalah bersyukur kepada sang khalik, sang maha pencipta,’’ kata gubernur dengan intonasi dan action khas-nya.

Sesuatu akan baik, lanjut TGB, jika dibuka dengan hal yang baik. Dengan demikian, Insya Allah akan berakhir juga dengan kebaikan. Karenanya, ia mengajak untuk mengawali apapun dengan baik. Karena, setiap hari yang dijalani adalah hari yang baru, hari Sabtu yang lalu walaupun sama namanya dengan sabtu hari ini, tapi sesungguhnya hari ini adalah hari yang baru.

Gubernur juga menyampaikan minal aidin wal faidzin setelah 1 bulan berpuasa. Dan tak lupa Doktor lulusan Universitas Al Azhar Kairo Mesir ini mengingatkan kepada para jamaah bahwa apabila ingin mendapatkan sesuatu yang baik, maka yang dilakukan adalah memperbanyak nilai pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah muamalah. Dan muamalah yang terbaik adalah ikhlas dan Ridho kepada sesama manusia.

Gubernur mengingatkan jamaah bahwa dalam kehidupan nyata, sesungguhnya banyak kekuatan yang ada di luar kuasa manusia. Untuk itu, diingatkannya agar tidak ada yang perlu disombongkan dalam kehidupan ini. Karena, segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan ini, berjalan di atas kekuasaan Allah.

Gubernur juga mencontohkan, sejumlah sahabat Rasulullah yang tidak pernah mengumbar kejelekan orang lain. Justeru para sahabat sibuk dengan mencari kelemahan dan kekuarangan diri sendiri untuk senantiasa diperbaiki dan diperbaharui.

Mengakhiri tausyiahnya, TGB mengajak jamaah untuk senantiasa meminta pertolongan Allah, guna menguatkan rasa saling mencintai sesama manusia tanpa membedakan latar belakang suku, agama, sosial, ekonomi dan warna kulit. ‘’Rajutlah kebersamaan untuk menggapai Ridho Allah SWT,’’ ungkapnya.

Kunjungan di Kabupaten Sumbawa ini merupakan hari kedua kegiatan roadshow dan kunjungan di Pulau Sumbawa, setelah sehari sebelumnya, TGB melaksanakan serangkaian kegiatan untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan Pemda dan masyarakat KSB.

Di kabupaten Sumbawa sendiri, Gubernur didampingi istri, Hj Erica Zainul Majdi, selaku Ketua TP PKK NTB, juga mengadakan silaturahmi dengan kader PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh pejabat Pemerintah Kabupaten Sumbawa di pendopo bupati, pada Sabtu siang (08/7).(wan)

Kirim Komentar

Leave a Reply