Tuesday, 8 August 2017

Pengembangan Bawang Putih di Lotim, Terkendala Bibit

Wakil Bupati Lombok Timur, H Haerul Warisin. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemerintah pusat berencana untuk membangkitkan kembali kejayaan bawang putih di Lombok Timur. ‘’Pemerintah pusat menargetkan 1.029 hektare lahan bawang putih, tapi hal ini tidak bisa dilaksanakan, karena terkendala bibit,’’ kata Wakil Bupati Lombok Timur, H Haerul Warisin, wartawan di kantornya, Selasa (08/8).

Menurutnya, untuk penyediaan bibit itu, salah satu solusi yaitu mendatangkan dari luar. ‘’Kita terpaksa impor benih dari luar,’’ ungkapnya.

Kalau bibit itu sudah tersedia, maka nantinya wajib melakukan penanaman. Untuk tahap pertama, akan dicoba di lahan seluas 2.000 hektare. ‘’Untuk sementara ini, kesiapan pengusaha hanya mampu menyiapkan bibit untuk lahan seluas 2.000 hektare,’’ ujarnya.

Terhadap keinginan pemerintah pusat untuk menanam bawang putih di lahan seluas 1.029 hektare menurut Hairul Warisin, Lombok Timur mampu melaksanakan, hanya saja terkendala bibit tersebut. ‘’Untuk memenuhi luas lahan, bawang putih ini, tidak hanya ditanam di Sembalun, Lombok Timur, tapi juga akan ditanam di kecamatan lain, sepertti Kecamatan Suela, Wanasaba, Pringgasela, Aikmel,’’ pungkasnya.(DIM)

Kirim Komentar

Tinggalkan Balasan