Berqurban, Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi. (Foto: L Mandra Setiawan/Lomboktoday.co.id)

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Hari ini, Jumat (01/9), umat Islam di seluruh penjuru dunia merayakan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah, yaitu Hari Raya Qurban bagi muslim dengan memberikan yang terbaik dari harta yang dimiliki dalam bentuk hewan qurban. Hewan yang diqurbankan itu kemudian disembelih untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Berqurban menurut Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena esensi kehidupan adalah mendekatkan diri kepada sang pencipta. Hewan qurban yang dibagikan itu, sebagian akan menjadi sedekah, hadiah serta dapat dimakan bersama keluarga yang berqurban.

Tuan Guru Bajang (TGB)—begitu Gubernur NTB ini biasa disapa mengaskan hal tersebut sesaat sebelum melaksanakan sholat Idul Adha di Masjd Hubbul Wathan, Islamic Center NTB. Gubernur yang didampingi istri, Hj Erica Zainul Majdi dan Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin beserta istri, Hj Syamsiah Muh Amin mengajak seluruh masyarakat muslim  untuk berqurban. Yaitu memberikan yang terbaik dari harta yang dimiliki dalam bentuk hewan qurban serta memaknai nilai-nilai berqurban sebagaimana yang telah diajarkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Gubernur juga menyinggung peristiwa kemanusiaan yang menimpa masyarakat mulim Etnis Rohingya di Myanmar. Menurut TGB, apa yang dialami masyarakat muslim di negara itu merupakan penderitaan masyarakat muslim di dunia, termasuk di NTB.

Sebagaimana yang dipesankan Rasulullah SAW bahwa muslim yang satu dengan muslim yang lain laksana satu tubuh yang apabila satu bagian tubuh sakit, maka seluruh bagian tubuh ikut merasakan sakit. ‘’Kalau ada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, maka kita wajib merasakannya. Tetapi tidak hanya sekedar merasakannya, kita ulurkan tangan untuk membantu mereka,’’ kata TGB di hadapan ribuan jama’ah sholat Idul Adha sembari meminta keikhlasan jama’ah yang hadir untuk menyedekahkan sebagian harta yang dimiliki untuk masyarakat muslim tersebut.

Gubernur dan Wagub menyerahkan seekor sapi bantuan Presiden RI, Joko Widodo kepada masyarakat. Sapi dengan berat 960 kg itu diterima pengurus masjid untuk diqurbankan dan dibagi ke masyarakat. Selain itu, Gubernur dan Wagub serta Sekretaris Daerah NTB, H Rosiady Sayuti juga menyerahkan masing-masing satu ekor sapi untuk diqurbankan di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB. Total sapi yang diqurbankan saat itu berjumlah 39 ekor dan kambing sebanyak 82 ekor.(wan)

Kirim Komentar

Leave a Reply