Media Dituntut Ikut Sukseskan Pilkada

‘’KPU Gandeng PWI Lotim’’

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lombok Timur 2018 mendatang, peran media sangat penting dalam mengawal jalannya pelaksanaan Pilkada. Media dituntut bersikap independen dan tidak terlibat politik praktis agar bisa menyukseskan jalannya Pilkada bupati dan wakil bupati Lombok Timur yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang. ‘’Tugas kita bersama untuk mengawal dalam mensukseskan Pilkada 2018, termasuk diantaranya keterlibaatan media,’’ kata Ketua KPU Lombok Timur, M Saleh saat membuka kegiatan sarasehan, merawat demokrasi menjelang Pilkada Lotim 2018, kerjasama KPU dengan PWI Perwakilan Lotim.

Menurut Saleh, karena media itu sendiri ikut merawat demokrasi, sehingga dalam perhelatan Pilkada Lotim 2018 mendatang, media diharapkan tetap menjaga independensinya dan bersikap netral. ‘’Media diharapkan tidak mengambil sikap dukungan terhadap salah satu pasangan bakal calon. Karena, hal ini dikhawatirkan berdampak pada pemberitaan,’’ ungkapnya.

Sehingga kehadiran media diharapkan bisa bersinergi dengan KPU. Terutama dalam mendorong peningkatan partisipasi pemilih yang semakin tinggi. ‘’Tingkat partisipasi tinggi saja tidak cukup, tapi bagaiamana upaya dibarengi dengan pemilih yang cerdas,’’ sebut Komisioner Divisi Hukum KPU Lombok Timur, Taharudin.

Dalam artian, bagaimana agar tidak ada pemilih menyalurkan suara yang tidak sah. Mengingat berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, banyak suara tidak sah yang ditemukan pihak KPU. Sehingga, sukses atau tidaknya Pilkada bisa dikatakan tergantung peran media menyampaikan informasi dan mengedukasi masyarakat. Namun demikian, pihak KPU mengaku tak bermaksud untuk membatasi atau terlalu dalam turut campur dalam peran media mengawal berita Pilkada. KPU mempersilakan media menyampaikan informasi apapun sesuai dengan kebebasan pers.

Sementara itu, Ketua PWI Perwakilan Lombok Timur, Dimiyati mengaku, seluruh wartawan yang tergabung dalam PWI siap mengawal dan menyukseskan jalannya Pilkada Lotim 2018 mendatang. ‘’Yang terpenting bagaimana kami menulis dengan itikad baik dan mengacu pada kode etik jurnalistik,’’ katanya.(DIM)

Kirim Komentar

Leave a Reply