Wagub NTB Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Tata dan Perkuat Sembalun

Wagub NTB, H Muh Amin memberikan sambutan sekaligus membuka acara Sembalun Hortikultura Festival 2017, di Sembalun Bumbung, Lombok Timur, Sabtu (16/9). (Foto: L Mandra Setiawan/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemangku amanah terkait di bidang pariwisata untuk terus menata dan memperkuat daerah Sembalun sebagai destinasi wisata dunia. Apabila bertekad akan menjadikan Sembalun sebagai destinasi wisata dunia, maka harus diwujudkan dalam bentuk dukungan nyata, yakni semua sektor yang memiliki keterkaitan dengan Sembalum, harus membuat terobosan. Sehingga dapat manarik kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang pada tahun 2017 ditargetkan sebanyak 3,5 juta orang.

Wagub NTB, H Muh Amin memberikan sambutan sekaligus membuka acara Sembalun Hortikultura Festival 2017, di Sembalun Bumbung, Lombok Timur, Sabtu (16/9). (Foto: L Mandra Setiawan/Lomboktoday.co.id)

‘’Saya kira tidak sulit untuk mencapai target ini. Anda para peserta (IHTF) saat kembali masing-masing ke daerah, nanti bisa menjadi duta di daerah anda masing-masing, ceritakan bahwa Provinsi NTB, khususnya Sembalun menyimpan keindahan alam yang tidak kalah dengan daerah lainnya,’’ kata Wagub NTB, H Muh Amin saat membuka Sembalun Hortikultura Festival 2017, di Sembalun Bumbung, Lombok Timur, Sabtu (16/9).

Kegiatan tersebut diawali tarian persembahan ‘’Nede Dewi Anjani’’. Festival kali ini diwarnai riuh warga masyarakat Sembalun yang begitu antusias menyambut acara ini. Lalu-lalang kendaraan juga tak menjadi masalah, bahkan ketika Wakil Gubernur NTB yang saat itu hadir bersama istri, Hj Syamsiah Muh Amin, memberikan sambutan, dan mempersilakan para warga yang berkendara untuk tetap melanjutkan perjalanan. ‘’Ini adalah momen unik, 4 tahun menjadi Wagub NTB, baru kali ini saya beri sambutan dengan suasana yang sangat familiar. Silakan lanjutkan, bapak ibu, karena lalu-lalang ini wujud pergerakan ekonomi kita,’’ ucapnya sambil tertawa mengawali sambutannya.

Dengan segala apresiasi, Wagub NTB mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada pemerintah daerah yang telah bersinergi atas terselenggaranya acara ini. Keindahan alam NTB merupakan anugerah yang diberikan Allah SWT. ‘’Kita sepatutnya bukan hanya bersyukur, tapi kita harus mempunyai inovasi dan kreativitas yang dapat memberi manfaat untuk masyarakat sekitar,’’ ungkapnya.

Pariwisata dan pertanian haruslah terus bersinergi dan berkolaborasi, termasuk festival hari ini juga menampilkan putri-putri yang nanti akan dinobatkan sebagai putri bunga. Bagi pria kelahiran Sumbawa ini, bunga merupakan tanda cinta dan kasih sayang kepada orang-orang yang disayangi.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL Moh Faozal dalam laporannya menyampaikan, ini merupakan rangkaian 28 event dalam Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BPLS). ‘’Ini adalah event ke-26, nanti malam bersama-sama kita akan membuka Festival Pesona Senggigi di Pantai Duk-Duk,’’ katanya.

Pada festival yang pertama kali diadakan di Sembalun tahun 2017 ini, Dinas Pariwisata NTB juga menyerahkan secara simbolik lima buah ‘’berugak’’. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat tidak lagi membuat terop di pinggir jalan, nantinya di sekitar jalan akan terlihat lebih cantik dan rapi.

Selanjutnya, Bupati Lombok Timur, HM Ali BD yang dalam hal ini diwakili Kadis Pertanian Kabupaten Lombok Timur, Ir M Zaini menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia atas berlangsungnya event ini. Selain dapat memajukan Sembalun pada sektor ekonomi dan wisatanya, Sembalun Hortikultura Festival diharapkan kedepan dapat mendukung kesejahteraan dan sumber ekonomi masyarakat. Pemda Lombok Timur dan Pemerintah Provinsi NTB serta pemerintah pusat telah bertekad untuk sama-sama memajukan NTB. ‘’Mudah-mudahan semua yang kita laksanakan dapat memberi dampak positif untuk NTB dan Sembalun khususnya,’’ ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, FKPD Provinsi NTB, Danlanud Rembiga, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur, Kepala BPBD Provinsi NTB, Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTB, Kepala BPOM NTB, dan peserta International Halal Travel Fair se-Indonesia.(wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *