Deregulasi Perhubungan Kunci Wujudkan Kedaulatan Negara

BERIKAN HADIAH: Wagub NTB, H Muh Amin saat menyerahkan sejumlah hadiah lomba dalam rangka Hari Perhubungan Nasional 2017. (Foto: L Mandra Setiawan/Lomboktoday.co.id)

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Muh Amin menyebut deregulasi dan inovasi pelayanan yang makin efektif dan efisien di sektor perhubungan, merupakan salah satu kunci mewujudkan kedaulatan negara, khususnya kemandirian di bidang ekonomi. Ia menegaskan, deregulasi sangat diperlukan, terutama terhadap aturan-aturan yang menghambat distribusi logistik nasional. Hal itu disampaikan Wagub NTB, H Muh Amin saat menjadi Inspektur Upacara Paripurna NTB Gemilang yang dirangkaikan dengan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2017, di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Senin (18/9).

BERIKAN HADIAH: Wagub NTB, H Muh Amin saat menyerahkan sejumlah hadiah lomba dalam rangka Hari Perhubungan Nasional 2017. (Foto: L Mandra Setiawan/Lomboktoday.co.id)

Sementara dalam sambutan tertulis Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menegaskan, pihaknya melakukan deregulasi, diantaranya dengan melakukan pencabutan persyaratan kepemilikan modal di bidang pengusaha angkutan laut, keagenan kapal, pengusahaan bongkar muat dan badan usaha pelabuhan, long stay di pelabuhan-pelabuhan di Indonesia, pengamanan cargo serta rantai pasok yang diangkut dengan pesawat udara. Dengan deregulasi ini, diharapkan dapat mempercepat pengembangan dan daya saing penyedia jasa logistik nasional.

Lebih lanjut ia menegaskan, pembangunan perhubungan menjadi sektor terdepan dalam mendukung roda perekonomian nasional, memperlancar mobilitas penduduk, arus barang, serta konektivitas antar daerah. Sektor ini merupakan penentu terwujudnya konektivitas dan aksesibilitas antara kawasan di Indonesia. Peran tersebut antara lain dilaksanakan melalui penyediaan infrastruktur dan konektivitas maritim yang semakin memadai, sehingga dapat memperlancar distribusi logistik nasional.

Kedepan, ia berharap para insan perhubungan dapat menyadari tantangan transportasi yang semakin rumit dan kompleks. Menghadapi tantangan tersebut, maka hal yang paling penting dilakukan oleh ASN, khusus para petugas di sektor perhubungan, menurut Wagub NTB, H Muh Amin adalah segera beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat saat ini.

Perkembangan teknologi digital tersebut, kata Wagub NTB, harus dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan inovasi dalam memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien kepada masyarakat. Juga untuk mewujudkan modernisasi Moda Transportasi yang handal, didukung  sarana dan prasarana pelayanan yang lebih baik serta SDM yang kompeten dan berintegritas.

Kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi NTB, Wagub NTB, H Muh Amin mengajak untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan perlayanan terbaik kepada masyarakat. ‘’Tingkatkan kinerja masing-masing sebagai modal percepatan pembangunan di Provinsi NTB yang mengarah kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Saya juga mengingatkan seluruh ASN agar terus memperkuat sikap mental dan kedisiplinan, terutama kepatuhan terhadap undang-undang yang berlaku,’’ ungkapnya.

Pelaksanaan Upacara NTB Gemilang yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Perhubungan Nasional kali ini, ditandai dengan penyerahan sejumlah hadiah lomba dalam rangka Hari Perhubungan Nasional 2017. Juga dihadiri ratusan peserta terdiri dari jajaran TNI dan Polri, seluruh OPD lingkup Provinsi NTB, mahasiswa dan pelajar serta intansi terkait lainnya.(wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *