Loteng Siap Wujudkan Sekolah Ramah Anak

Suasana pembukaan acara. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah melalui dinas terkait melaksanakan kegiatan pelatihan Sekolah Ramah Anak bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Lombok Tengah, Senin (18/9). Kegiatan yang dipusatkan di Gedung PKK Lombok Tengah itu, dibuka oleh Asisten I Setdakab Lombok Tengah, H Moh Amin. Kegiatan itu juga dihadiri Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan Kreatifitas dan Budaya Kem-PPPA, Evi Hendrani, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) Lombok Tengah, Hj Maesarah, dan guru serta para pelajar. ‘’Kualitas anak kita sebagai generasi penerus bangsa maupun pemimpin harus dipersiapkan sejak usia dini. Dan kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas anak di Lombok Tengah,’’ kata Asisten I Setdakab Lombok Tengah, Moh Amin saat membuka acara.

Suasana pembukaan acara. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Lombok Tengah saat ini, kata Moh Amin, sudah ditetapkan menuju Kabupaten Layak Anak pada 2016 lalu. Sehingga banyak hal yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk mencapai indikator Kabupaten Layak Anak. Saat ini, lanjutnya, juga beberapa desa sudah menetapkan diri menjadi Desa Layak Anak. Begitupun dengan sekolah di Lombok Tengah ditetapkan menjadi Sekolah Ramah Anak. ‘’Pemerintah akan menyusun Peraturan Bupati (Perbup) untuk mendukung Sekolah Ramah Anak,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala DP3AP2KB Lombok Tengah, Hj Maesarah mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menginisiasi semua pihak menuju Sekolah Ramah Anak di Lombok Tengah. Dimana, dalam pembelajaran itu harus mengedepankan hak anak. Sehingga tenaga kependidikan diberikan pelatihan supaya mereka bisa mengimplemntasikan apa yang menjadi hak anak di sekolah. ‘’Untuk Sekolah Ramah Anak ini baru sekarang mulai diwacanakan,’’ katanya.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *