Menlu Retno: Kemlu Inovasi Pelayanan Publik Tanpa Henti

SINGAPURA, LOMBOKTODAY.CO.ID—Di hadapan sekitar 4.000 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) di Singapura, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi menjanjikan bahwa Kemlu akan terus melakukan inovasi agar dapat melayani WNI di luar negeri dengan lebih cepat, mudah dan murah.

‘’Saya sangat bangga dengan berbagai inovasi pelayanan publik yang dilakukan KBRI Singapura,’’ kata Menlu RI, Retno disela-sela acara peluncuran tiga inovasi pelayanan public di KBRI Singapura, Minggu pagi (11/3).

BERSALAMAN: Menlu RI, Retno Marsudi menyalami satu persatu para TKW disela-sela acara peluncuran 3 inovasi pelayanan publik di KBRI Singapura, Minggu (11/3). (Foto: Kemlu for Lomboktoday.co.id)

Menlu Retno berada di KBRI Singapura dalam rangka meluncurkan 3 inovasi pelayanan publik yaitu Kartu Pekerja Indonesia (KPI) Pelaut, BPJS Ketenagakerjaan Online dan Akreditasi Agen Online.

KBRI Singapura setiap harinya memberikan sekitar 400 layanan publik bagi WNI di Singapura. Setidaknya terdapat sekitar 130 ribu TKI di Singapura saat ini, mayoritas bekerja di sektor rumah tangga. Jumlah TKI di Singapura adalah terbesar keempat di Asia Pasifik setelah Malaysia, Taiwan dan Hong Kong.

‘’Salam dari Pak Presiden Jokowi,’’ ungkap Menlu Retno yang disambut dengan pekik. ‘’salam balik’’ oleh ribuan TKI yang hadir.

‘’Pesan Pak Presiden kepada saya jelas dan tegas. Yakni untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua WNI dimanapun mereka berada,’’ sambung Menlu Retno.

Sebagai bentuk peningkatan pelayanan publik, saat ini hampir semua pelayanan publik di Kementerian Luar Negeri telah tersertifikasi ISO 9001:2015. Selain itu, hampir seluruh pelayanan kekonsuleran di Kemlu sudah dapat dijangkau secara online.

Untuk melayani WNI di luar negeri, mulai 1 April 2018 mendatang secara bertahap di seluruh Perwakilan RI, Kemlu akan menerapkan Sistem Informasi elayanan dan Perlindungan WNI (Portal Peduli WNI). ‘’April mendatang, Kemlu juga akan meluncurkan Portal Peduli WNI dan SafeTravel,’’ ujar Menlu Retno.

Portal Peduli WNI adalah sistem pelayanan WNI di luar negeri yang sudah terintegrasi secara online dengan seluruh data nasional seperti data kependudukan Kemdagri, Keimigrasian Kemenkumham dan data ketenagakerjaan di BNP2TKI serta Kemnaker. Dengan sistem ini, layanan di seluruh Perwakilan RI akan diseragamkan dan dapat dijangkau secara online.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply