Kemlu Teken Pembelian Gedung Baru

‘’Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik bagi WNI di Tawau’’

 MALAYSIA, LOMBOKTODAY.CO.ID—Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) menandatangani pembelian gedung baru Konsulat RI Tawau, Jumat (16/3). Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri RI, Mayarfas, di Wisma Konsulat RI Tawau, di Taman Kafar, Sin Onn, Tawau, Malaysia. Ikut menyaksikan penandatanganan, Konsulat RI Tawau, Sulistijo Djati Ismojo.

TEKEN: Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri RI, Mayarfas saat mendatangani pembelian gedung baru Konsulat RI Tawau, Jumat (16/3).

‘’Pesan Menlu, ini harus menjadi Rumah Indonesia. Jadikan WNI yang meminta pelayanan di gedung baru nanti feel at home. Ini juga etalase Indonesia. Jadikan ini wajah Indonesia zaman now,’’ kata Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri RI, Mayarfas di depan staf Konsulat RI Tawau menjelang penandatangan.

Bangunan seluas 2.200 m2 di atas tanah seluas 3.500 m2 itu, berlokasi di Taman Mega Jaya, salah satu bussiness district di Kota Tawau, Sabah, Malaysia.

Direncanakan sistem baru pelayanan publik yang dibangun Kementerian Luar Negeri ini nantinya akan diterapkan secara penuh di gedung baru tersebut. Diharapkan gedung baru ini sudah akan digunakan pada tahun ini, setelah dilakukan sejumlah penyesuaian dan renovasi interior.

Konsulat RI Tawau bersama KJRI Chicago adalah Perwakilan RI pertama pada tahun 2018 ini yang menyelesaikan seluruh proses administratif pembelian gedung baru. Kementerian Luar Negeri menargetkan pembelian 10 gedung Perwakilan RI setiap tahunnya, dengan mekanisme beli cicil melalui perbankan nasional. Prioritas pembelian adalah di Perwakilan RI yang banyak memberikan pelayanan publik.

Berdasarkan data Kemlu, sekurangnya terdapat 300 ribu WNI di wilayah kerja KRI Tawau. Sebagian besar bekerja di ladang-ladang sawit di sekitar Kota Tawau. Mayoritas WNI berasal dari Pulau Sulawesi serta Provinsi NTB dan NTT. KRI Tawau memberikan sekitar 150 pelayanan publik setiap harinya, mulai dari pelayanan keimigrasian, ketenagakerjaan hingga pelayanan kekonsuleran. Untuk mempermudah WNI, KRI Tawau juga melakukan pelayanan outreach ke ladang-ladang sawit.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply