Fraksi Golkar Minta Dana Bazda Diaudit

Ketua Fraksi Golkar DPRD Lotim, HL Hasan Rahman bersama Wakil Ketua DPRD Lotim, H Daeng Paelori. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID—Fraksi Golongan Karya (Golkar) DPRD Kabupaten Lombok Timur meminta ada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atau akuntan publik independen untuk mengaudit pertanggungjawaban dana Bazda di Lotim. Hal ini penting untuk mengetahui secara jelas berapa uang masuk dan keluar di Bazda tersebut. ‘’Untuk lebih jelasnya, laporan pertanggungjawaban keuangan di Bazda itu harus diaudit oleh BPK dan akuntan publik,’’ kata Ketua Fraksi Golkar DPRD Lotim, HL Hasan Rahman kepada wartawan di kantor DPD Golkar Lotim, Kamis (12/4).

Ketua Fraksi Golkar DPRD Lotim, HL Hasan Rahman bersama Wakil Ketua DPRD Lotim, H Daeng Paelori. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui secara pasti mengenai uang yang dikelola oleh Bazda dari hasil penarikan zakat PNS maupun masyarakat Lotim. Karena sesuai aturan perundang-udangan dari Kementerian Keuangan RI, setiap dana yang diperoleh dari masyarakat itu, harus diaudit. Hanya saja sampai saat ini, pihaknya belum pernah menerima hasil audit dana Bazda tersebut.

‘’Sampai saat ini, kami belum pernah diberikan laporan mengenai pertanggungjawaban penggunaan dana Bazda yang diperoleh maupun yang digunakan atau disalurkan,’’ ungkapnya.

Karena itu, Ketua Komisi IV DPRD Lotim ini menjelaskan, dengan adanya audit dana Bazda itu, tentu sangat baik sekali dalam membuka ketranspranan dalam penggunaan dana Bazda tersebut. Sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi sebagaimana yang terjadi saat ini.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPRD Lotim, H Daeng Paelori. Ia sangat setuju dengan dilakukan audit dana Bazda oleh BPK maupun akuntan publik yang independen. Hal ini dimaksudkan agar semuanya menjadi jelas terhadap masalah penggunaan dana Bazda. ‘’Sudah seharusnya dana Bazda itu diaudit agar tidak ada lagi asumsi macam-macam terhadap penggunaan dana umat yang selama ini dikelola oleh Bazda,’’ kata Daeng Paelori.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *