Presiden Bertemu Calon Pemimpin Terbaik di Masa Depan

BOGOR, LOMBOKTODAY.CO.ID—Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah pesan terkait kepemimpinan kepada para Ketua OSIS dari SMA berprestasi se-Indonesia. Dimana, pagi ini, Kamis (03/5), mereka berkumpul di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Sambil berdialog santai, Kepala Negara mendiskusikan syarat-syarat yang seharusnya dimiliki oleh seorang pemimpin. ‘’Menjadi pemimpin itu memang harusnya bisa memberikan semangat, memberikan dorongan, memberikan inspirasi, memberikan contoh, memberikan teladan, bisa mengayomi,’’ kata Presiden Jokowi kepada para pelajar.

POSE: Para Ketua OSIS dari SMA berprestasi se-Indonesia pose bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis pagi (03/5).

Di samping itu, keberanian juga menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Mengingat banyaknya cobaan dan rintangan yang akan dihadapi di masa mendatang.

Untuk itulah, Presiden Jokowi mengapresiasi dan mendukung para pelajar untuk mengikuti kegiatan ‘’Kawah Kepemimpinan Pelajar Tahun 2018’’ tersebut. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, tertanam jiwa kepemimpinan bagi para pelajar yang turut serta. ‘’Anak-anak harus memiliki rasa kebanggaan terhadap negara dan bangsanya, sehingga mereka dipertemukan dalam Kawah Candradimuka Kepemimpinan Pelajar tahun 2018 ini,’’ ungkapnya.

Presiden juga mengajak para pelajar untuk berani bercita-cita menjadi pemimpin terbaik di masa mendatang. ‘’Yang ingin menjadi bupati silakan, ingin menjadi wali kota silakan, ingin menjadi gubernur silakan, ingin menjadi menteri silakan, ingin menjadi pengusaha silakan, ingin menjadi dokter silakan, ingin menjadi presiden silakan,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat mengajak 272 pelajar dari 34 provinsi tersebut untuk berkeliling Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Kesempatan tersebut digunakan Kepala Negara untuk menjelaskan aneka informasi seputar Istana Kepresidenan yang dibangun Gubernur Jenderal Baron van Imhoff pada tahun 1745 lalu. ‘’Saya juga cerita bahwa di Istana ini kita memiliki 460 rusa, 13 ekor kambing, dan lain-lain. Saya jelaskan semua secara detail,’’ jelasnya.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply