Ribuan Masyarakat NTB Sambut Tahun Baru dengan Zikir Akbar

Suasana dzikir akbar dan silaturahmi akhir tahun 2018 dan menyambut tahun baru 2019, di Lapangan Bumi Gora, halaman Kantor Gubernur NTB, Senin malam (31/12).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyambut malam pergantian tahun 2019 dengan melakukan dzikir akbar dan silaturahmi akhir tahun. Kegiatan itu berlangsung di Lapangan Bumi Gora, halaman Kantor Gubernur NTB, Senin malam (31/12).

Acara tersebut dihadiri langsung Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah didampingi Sekretaris Daerah NTB, Ir H Rosiady Sayuti, M.Sc., P.hD, jajaran Forkompinda lingkup Pemprov NTB, seluruh kepala OPD lingkup Pemprov NTB serta dihadiri ASN dan ribuan masyarakat Kota Mataram, dengan penceramah TGH Hasanain Djuaini, LC., M.Hum, pimpinan Pondok Pesantren NW Nurul Haramain Narmada.

Dalam sambutannya, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah mengatakan, kegiatan dzikir akbar ini merupakan kegiatan untuk bermunajat, semoga tahun baru yang akan datang Allah SWT memberikan keberkahan-Nya untuk NTB dan dijauhkan dari musibah.

Gubernur Zul berharap agar acara tersebut dilaksanakan bukan hanya pada momentum akhir tahun saja, tapi juga dilaksanakan setiap saat. Acara seperti ini juga diharapkan rutin dilaksanakan bukan hanya di ibu kota provinsi saja, tapi di seluruh kabupaten/kota di NTB.

Gubernur Zul menjelaskan, sekarang ini rata-rata hampir setiap hari musibah melanda NTB. Sehingga secara psikologis masyarakat NTB membutuhkan ketentraman hati dengan senantiasa berdoa kepada Allah SWT. ‘’Semoga dengan semua musibah yang telah kita alami ini akan membangun kesadaran kolektif untuk senantiasa bertaubat kehadirat Allah SWT,’’ ungkapnya.

Gubernur Zul berharap dengan semua do’a dan zikir yang dipanjatkan kehadirat Allah SWT, akan mampu menjauhkan daerah NTB dari segala macam bentuk musibah pada tahun yang akan datang. ‘’Selamat tahun baru 2019, esok hari mari kita songsong Insya Allah NTB gemilang bukan hanya dalam kata, tapi akan menjadi kenyataan di tahun yang akan dating,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah NTB H Rosiady Sayuti mengatakan, kegiatan ini digagas untuk mengakhiri tahun 2018, sekaligus menyambut tahun baru 2019. Ia berharap dengan kegiatan ini akan menambah rasa mensyukuri karunia ilahi yang telah diberikan, khususnya kepada masyarakat NTB pada tahun 2018 ini.

Selain menambah rasa syukur, kata Sekda, kegiatan ini juga sebagai refleksi untuk mengevaluasi apa yang telah terjadi di masa lalu, sebagai bahan untuk melangkah dalam menapaki tahun 2019 yang akan datang. Yaitu, dengan penuh kesyukuran dan inovasi untuk mewarnai tahun 2019. ‘’Semoga kegiatan di samping sebagai evaluasi, juga sebagai proyeksi apa yang akan kita capai di tahun 2019. Juga sebagai sumber ilmu pengetahuan untuk menapaki tahun 2019. Semoga Allah SWT meridhoi kita semua,’’ harapnya.

Sementara itu, TGH Hasanain Djuaini menyampaikan tausyiah dengan mengajak masyarakat NTB untuk senantiasa bersyukur dan selalu berdoa kehadirat Allah SWT. Semoga bumi NTB ini katanya, diberikan keberkahan oleh Allah SWT, dan dijauhkan dari segala macam bentuk musibah pada tahun-tahun yang akan datang. Usai tausyiah, acara dilanjutkan dengan do’a bersama dan dzikir dalam rangka menyongsong tahun baru 2019.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply