Gubernur NTB Beri Semangat Masyarakat Selalu Jaga Pola Hidup Sehat

Suasana acara Jumpa Bang Zul-Rohmi setiap hari Jumat pagi.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr H Zulkieflimansyah bersama Wakil Gubernur Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah seperti biasa selalu semangat hadir pada acara Jumpa Bang Zul-Rohmi setiap hari Jumat pagi. Saat ini berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat dibahas melalui dialog langsung, bertemakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan BPJS yang digelar di Lapngan Bumi Gora NTB, Jumat (11/1).

Pada kesempatan itu, Gubernur NTB Zul memberikan semangat kepada masyarakat yang hadir agar selalu menjaga pola hidup sehat dan menyadari betapa mudahnya pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang memiliki kartu BPJS Kesehatan.

‘’Semangat BPJS itu begitu mudah agar masyarakat kita tidak lagi enggan berobat ke dokter karena alasan ekonomi. Seiring dengan berjalannya waktu, segala sesuatu tentu ada kekurangan dan ada kelebihan, dengan berlalunya waktu mungkin ada perbaikan di masa yang akan dating,’’ kata Gubernur Zul.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kelebihan dan kelemahan pelayanan kesehatan bagi pengguna BPJS Kesehatan, Gubernur Zul mempersilahkan masyarakat yang hadir untuk menyampaikan keluh kesahnya terkait persoalan yang dihadapi, khususnya tentang pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu.

Salah satu persolan yang dihadapi masyarakat yang dibahas pada dialog itu adalah terkait pengobatan dan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan kartu KIS dan BPJS seperti yang dipertanyakan Gde Sumane, Kepala Lingkungan Pagesangan, Kota Mataram, yang menanyakan tentang pelayan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu yang ditimpa musibah seperti kecelakaan sepeda motor.

‘’Ada kecelakaan tunggal warga kami pak, dia hanya memiliki kartu KIS, bagaimana pelayanan klaim dan apa solusi alternatif kalau alasannya kecelakaan tunggal,’’ tanya Gde kepada Kepala BPJS Mataram dr Moh Ali.

Menjawab pertanyaan itu, Kepala BPJS Cabang Mataram dr Moh Ali mengatakan, pelayanan kesehatan bagi pasien BPJS atau yang memiliki KIS akan mendapat pengobatan gratis setelah melalui proses laporan dari kepolisian yang akan diproses sebagai landasan pelayanan pengobatan. ‘’Kita sudah ada kerjasama dengan pihak kepolisian, kecelakaaan yang dapat kami jamin adalah kecelakaan yang ada laporan kepolisiannya,’’ katanya.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Soisal Provinsi NTB Ahsanul Khalik menambahkan, setiap masyarakat kurang mampu yang belum memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hendaknya mendaftarkan diri melalui Dinas Sosial. Ia menjelaskan saat ini Dinas Sosial sedang melakukan validasi data dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTB terkait pendataan masayarakat kurang mampu yang belum memiliki kartu BPJS .

Pada kesempatan itu, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah menyerahkan bantuan mobil Ambulance kepada Direktur Rumah Sakit Umum Provinsi NTB dr HL Hamzi Fikri, MM yang akan digunakan untuk keperluan pasien masyarakat tidak mampu.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply