Di IISBUD, Akan Lahir Peneliti-Peneliti Handal

Gubernur NTB, H Zukieflimansyah.

SUMBAWA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zukieflimansyah memberikan arahan pada pelantikan Rektor dan Wakil Rektor Institut Ilmu Sosial dan Budaya (IISBUD) Samawa Rea, Sumbawa, di kampus setempat, Rabu malam (23/1).

Rektor baru yang diamanahkan Gubernur Zul untuk menakhodai IISBUD adalah Miftahul Arzak menggantikan rektor lama, Ahmad Yamin.

Pada acara yang diawali dengan persembahan seni tari oleh mahasiswa Seni Tari IISBUD itu, Gubernur Zul menitip pesan kepada rektor yang baru. Yaitu, IISBUD dapat menjadi bagian yang memiliki peran penting, baik NTB maupun di level nasional.

‘’Saya ingin di kampus Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya ini, akan mendominasi, mewarnai semua media lokal, regional bahkan media nasional, tentang pendapat tokoh-tokohnya mengenai permasalahan sosial yang ada di Indonesia, dengan penelitian yang terukur,’’ kata Gubernur Zul yang juga Pembina Yayasan Dea Mas Sumbawa itu.

Jadi, lulusannya itu, kata Gubernur Zul, tidak hanya mampu beretorika dan berdebat yang tidak ada ujungnya. Namun, mampu menghasilkan karya nyata demi kemajuan masyarakat, bahkan disegani oleh kawan dan lawan.

Para peneliti yang dicetak oleh IISBUD ini, lanjut Gubernur Zul, harus mampu menuangkan pikiran-pikiran cerdasnya dalam bentuk jurnal. Kemudian jurnal itu dibaca oleh masyarakat sebagai rujukan dalam memandang dan menyelesaikan masalah sosial yang ada. Termasuk dalam hal memilih para pemimpin daerah. ‘’Orang-orang IISBUD itu mereka berbicara metodologi bagus, untuk mendapatkan kepemimpinan yang bagus,’’ ungkapnya.

Karena itu, pergantian rektor malam ini, tidak dimaknai sebagai sesuatu yang kecil. Namun, harus menjadi titik awal untuk melahirkan hal-hal besar.

Sementara itu, Rektor IISBUD yang baru, Miftahul Arzak memandang pergantian kepemimpinan itu adalah hal biasa. Namun, yang membedakan adalah tujuan dalam mengemban amanah itu.

Karenanya, dalam menjalankan roda kepemimpinan itu, ia akan segera berbenah untuk bergerak membangun kampus yang lebih berkualitas.

Ia juga bertekad agar lulusan IISBUD merupakan sosok yang akan menciptakan lapangan pekerjaan. Tentunya dengan kualitas pemikiran dan keterampilan yang mumpuni. Hadir juga dalam acara itu, Rektor UTS, Direktur AKOM dan sejumlah dosen dan mahasiswa.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply