Gubernur NTB Hadiri Workshop Waste Management

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah menghadiri sekaligus membuka Workshop On Waste Management.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB H Zulkieflimansyah menghadiri sekaligus membuka Workshop On Waste Management, hari ini, Rabu (23/1), di Aula Rinjani BPSDM Provinsi NTB.

Workshop yang dilaksanakan atas kerjasama Universitas Mataram (Unram) dan Warsawa University Polandia ini, menghadirkan narasumber langsung dari Polandia yakni Prof Tomasz Szczygielski, PhD, Eng dan Arina Koroljova.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah, para kepala OPD Provinsi NTB, ASN, Ormas dan Pers.

Gubernur Zul yang kali ini hadir menggunakan kemeja putih, tiba di lokasi pukul 09.00 Wita dan memberikan arahan sekaligus motivasi pada hadirin yang hadir. ‘’Mungkin karena saya tinggal cukup lama di luar negeri dan banyak melihat cara bekerja perusahaan-perusahaan multi nasional, di sana ketika melihat sampah itu adalah hal yang tabu,’’ kata Gubernur Zul. ‘’Ketika kita datang ke Mataram, NTB, sebenarnya kita juga bisa melakukan di NTB. Namun, merubah budaya ini yang tidak mudah,’’ tambahnya.

Gubernur Zul kemudian mencontohkan beberapa kasus yang ia temui sendiri. ‘’Saya temui sendiri, banyak warga ataupun ASN, membuang puntung rokok secara refleks tanpa merasa melakukan kesalahan. Ini adalah persoalan sederhana, namun merubah cara pikir yang sulit,’’ ungkapnya.

Betapa banyak ikan mati karena makan plastik, berapa banyak orang sakit karena limbah yang terbuang tanpa sengaja. ‘’Jika kita kirim orang Indonesia ke Eropa, kami yakin akan ada cara berpikir yang radikal untuk melakukan perubahan,’’ ujarnya.

Gubernur Zul juga optimis program waste management akan sukses di terapkan di NTB. ‘’Warsawa University bukan universitas sembarangan. Tidak mungkin kita menjual daya pikat gili, namun sampah dibelakangnya luar biasa banyak. Saya dan Wakil Gubernur ingin program berjalan,’’ katanya.

Ia berharap agar program ini bisa diterapkan di NTB dan menjadi hadiah terindah untuk Indonesia.

Madani Mukarom, selaku Kepala Dinas LHK Provinsi NTB yang ditemui di tempat terpisah juga optimis mendukung NTB menerapkan Zero Waste Management. ‘’Di tahun 2023 mendatang, seluruh desa di NTB akan ada bank sampah,’’ katanya.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply