Gubernur NTB Prihatin Hutan Dibabat dan Ditanami Jagung

Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah saat memandangi hutan-hutan yang sudah gundul dan ditanami jagung.

SUMBAWA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dalam Kunjungan ke Desa Tolo Oi, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa, Jumat (1/2), Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah tiba-tiba berhenti di sebuah gunung, di sekitar wilayah desa tersebut. Turun dari mobil, Gubernur Zul kemudian memandang jauh di sekitar gunung dan bukit di desa itu.

Tidak banyak yang diucapakan Gubernur Zul. Sesekali orang nomor satu di NTB itu terlihat menggelengkan kepala. Namun, tampak di raut muka Gubernur Zul rasa prihatin atas kondisi hutan di wilayah Sumbawa yang sudah dibabat oleh masyarakat.

Setelah dibabat, gunung-gunung ribuan hektar itu ditanami jagung dan padi. Ditemani sejumlah kepala OPD, Gubernur Zul mengamati bahwa ada yang perlu dibenahi dalam membina masyarakat. Terutama dalam hal pengelolaan hutan itu. ‘’Bagaimana ini. Bisa hancur jalan dan jembatan kita,’’ kata Gubernur Zul kepada kepala OPD yang ikut dalam rombongan.

Gubernur Zul menilai kalau gunung-gunung yang ada saat ini, hanya ditanami jagung, maka potensi bencana banjir itu akan besar. Sehingga menurutnya, akan merusakan jembatan dan jalan, bahkan menimbulkan korban jiwa dari masyarakat sendiri. Kalau sudah rusak katanya, maka butuh biaya besar untuk memperbaikinya. Karena itu, Gubernur Zul menghimbau masyarakat untuk tidak mengorbankan masa depan alam ini demi kepentingan sesaat.(sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply