HBK Dorong Partisipasi Pemilih dan Pemilu Damai Lewat Pagelaran Wayang

Ketua Badan Pengawas dan Disiplin (BPD) Partai Gerindra, Haji Bambang Kristiono (kiri) bersama dalang kondang H Lalu Nasib.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemilu 2019 tinggal menghitung bulan. Kesadaran politik masyarakat untuk ikut mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini, harus terus didorong dan disosialisasikan.

Bukan hanya untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih, namun sekaligus untuk meningkatkan kepedulian masyarakat mendukung terselenggaranya proses Pemilu yang damai dan bermartabat.

Karenanya, Ketua Badan Pengawas dan Disiplin (BPD) Partai Gerindra, Haji Bambang Kristiono (HBK) mempunyai cara yang unik dan menarik. Setelah melepas Duta Gowes HBK 2019 keliling Pulau Lombok dengan membawa misi Pemilu damai, gembira dan bermartabat, maka kali ini HBK menggagas pagelaran nonton bareng Wayang Kulit Sasak bersama H Lalu Nasib. Hal ini dilakukan juga untuk Pemilu damai, gembira dan bermatabat.

Menggandeng dalang kondang, H Lalu Nasib, pagelaran wayang kulit ini akan digelar di enam lokasi di Pulau Lombok. ‘’Ini juga adalah bagian upaya kita untuk melestarikan budaya tradisional warisan nenek moyang kita, yang dalam hal ini adalah Wayang Kulit Sasak,’’ kata Ketua Badan Pengawas dan Disiplin (BPD) Partai Gerindra, Haji Bambang Kristiono (HBK) di Mataram, Rabu (6/2).

Pagelaran wayang kulit ini akan digelar sebanyak enam kali, yang dimulai dari Lapangan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU) pada tanggal 23 Februari 2019 mendatang. Selanjutnya, akan digelar di Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur serta Kota Mataram.

HBK mengatakan, pagelaran wayang ini digelar untuk memberi hiburan kepada masyarakat. Selain itu, pagelaran wayang kulit ini juga akan bisa menjadi sarana atau wadah silaturahmi segenap masyarakat yang sama-sama menyaksikan wayang kulit ini.

‘’Pagelaran wayang kulit ini murni untuk melestarikan budaya warisan nenek moyang kita, dan juga murni untuk hiburan masyarakat kita. Tidak ada embel-embel kampanye,’’ kata HBK yang juga Caleg DPR RI dari Partai Gerindra Nomor Urut-1, Dapil NTB II/Pulau Lombok.

Menurutnya, kalaupun ada hal politis yang ada dalam pagelaran itu, dapat dipastikan bahwa itu hanyalah untuk mengedukasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan menggunakan hak pilihnya dalam mendukung terlaksananya Pemilu damai.

HBK menekankan, edukasi politik untuk Pemilu damai dan bermartabat itu bukan hanya menjadi tugas para penyelenggara Pemilu semata, tapi juga menjadi tugas dan tanggungjawab segenap anak bangsa.

‘’Lewat pagelaran wayang kulit Bapak H Lalu Nasib ini, tentunya imbauan agar masyarakat mau berpartisipasi dalam Pemilu dan mendukung Pemilu damai dan bermartabat akan mudah disampaikan,’’ ungkapnya.

Dalang kondang, H Lalu Nasib memang punya keunikan dan kharisma yang mampu memukau masyarakat penontonnya. Dalam setiap pertunjukannya, H Lalu Nasib bisa menyisipkan pesan-pesan moral yang langsung menyentuh kehidupan masyarakat.

Terkait pagelaran ini, H Lalu Nasib mengatakan, wayang kulit memang merupakan sarana efektif untuk menyampaikan pesan-pesan moral serta pesan-pesan damai kepada masyarakat.

‘’Pesan moral tentang pentingnya KB atau bahaya Narkoba dan lain sebagainya. Juga ini sangat bagus untuk mengajak masyarakat agar berpartisipasi aktif dan terlibat langsung dalam Pemilu 2019 nanti,’’ kata H Lalu Nasib sembari menyatakan siap mendukung pagelaran wayang kulit ini, demi terciptanya Pemilu damai dan bermartabat.(sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply