Bawang Putih Sembalun Jadi Stok Nasional

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.Han., bersama Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmi dan Dandim 1615/Lombok Timur Letkol Inf Agus Setiandar, S.IP., saat mendistribusikan bawang putih di Sembalun.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Usai memantau proses pencairan dana terpadu satu pintu bagi warga terdampak gempa, Komandan Korem (Danrem) 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.Han., bersama Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmi, MM., didampingi Komandan Kodim (Dandim) 1615/Lombok Timur Letkol Inf Agus Setiandar, S.IP., dan Kadis Pertanian Lombok Timur mendistribusikan bibit bawang putih kepada Kelompok Tani (Poktan) di gudang PT Pertani Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Kamis (7/2).

Puluhan Poktan dari Desa Sajang yang hadir pada kesempatan itu langsung menerima bibit bawang sesuai dengan luas lahan yang dimiliki.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.Han., menyampaikan bahwa bawang putih Sembalun ini akan dijadikan sebagai stok bawang putih nasional, sehingga Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko menginginkan untuk penanaman pembibitan bawang putih di wilayah Kecamatan Sembalun.

‘’Untuk bawang putih, selama ini kita masih impor dari luar. Sangat ironis Indonesia yang memiliki tanah subur, terutama di wilayah Kecamatan Sembalun tidak dimanfaatkan secara optimal,’’ kata Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani.

Karena apa saja yang ditanam di Kecamatan Sembalun ini, akan hidup mengingat tanahnya yang sangat subur. ‘’Bawang putih memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, ini menjadi peluang bagi masyarakat Sembalun untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat pascagempa,’’ ungkapnya.

Dengan kolaborasi yang dilakukan Pemerintah Daerah bersama TNI dan masyarakat secara keseluruhan, lanjutnya, target yang ditetapkan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sebanyak 5 ribu ton untuk wilayah Kecamatan Sembalun, akan tercapai.

‘’Kami akan dorong dan support sepenuhnya kepada para petani untuk bersama-sama bercocok tanam bawang putih dengan harapan bisa mengangkat nama dan perekonomian masyarakat Sembalun. Danramil dan Bhabinsa akan membantu serta mengawal proses penanaman bawang putih tersebut,’’ ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmi menjelaskan, kehadirannya di tempat ini adalah dalam rangka pendistribusian bibit bawang putih kepada para petani di Kecamatan Sembalun. ‘’Bibit bawang putih yang akan dibagi sebanyak 985 ton untuk 1.600 hektar. Jadi, hampir 600 kg lebih per hektar,’’ kata Bupati Sukiman.

Bibit bawang putih ini, kata Bupati Sukiman, merupakan bantuan dari pemerintah pusat sebagai hasil kunjungan Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko ke Sembalun pada 2018 lalu. ‘’Pak Moeldoko menjanjikan 5 ribu bibit untuk 2019 dan ini merupakan bantuan bibit tahun 2018 sebanyak seribu bibit dengan harga Rp 64 miliar, yang seharusnya untuk satu kabupaten, tapi ini untuk satu kecamatan,’’ ungkapnya.

Ia meminta agar pembagian bibit ini dilakukan dengan menggunakan sistem silang, sehingga tidak terjadi hal-hal yang patut dicurigai. Dan pembagiannya juga akan dikawal bersama anggota Korem dalam hal ini Kodim mengingat janji 5 ribu hektar itu harus terealisasi.

‘’Setelah bibit bawang ini diterima, langsung diolah dan ditanam. Sehingga target pemerintah tercapai dan harapannya ke depan Kecamatan Sembalun menjadi pusat pembibitan dan penyangga bawang putih secara nasional,’’ ujar mantan Dandim 1615/Lombok Timur ini.

Karenanya, mulai hari ini Poktan di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, membagi habis bibit bawang putih yang ada di gudang sebanyak 32 ton. ‘’Selesai dari sini, pindah ke tempat lain sesuai arahan dari saya, sehingga sistem bisa berjalan agar tidak terjadi manipulasi,’’ jelasnya.(sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply