Riset Penting bagi Pembangunan

Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah (kiri) dan Kepala Dewan Riset Daerah Provinsi NTB, Prof Ir H Yusuf A Sutaryono, PhD.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dewan Riset Daerah pada dasarnya memiliki posisi yang sangat penting bagi pembangunan di NTB. Hasil riset yang diperoleh menjadi sumbangan berharga yang mampu mendukung berbagai proses pembangunan daerah. Demikian disampaikan Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah saat menerima silaturrahmi Dewan Riset Daerah Provinsi, Sains Techno Park Universitas Teknologi Sumbawa dan PT Lim Shrimp Organization, di ruang kerjanya, Rabu (13/2).

Kedatangan rombongan itu dalam rangka memberi masukan untuk pembangunan NTB dalam bidang keilmuan dan riset, juga untuk menyampaikan kendala-kendala dalam kerja sama dan investasi di Pulau Sumbawa.

Menyikapi hal ini, Gubernur Zul menyambut antusias atas kehadiran Dewan Riset Daerah. ‘’Saya kira Dewan Riset sangatlah penting, coba buat kajian-kajian industri apa yang cocok dan bisa kita terapkan di NTB. Riset yang paling penting bukan di kampus, tapi di business community,’’ kata Gubernur Zul.

Prof Ir H Yusuf A Sutaryono, PhD selaku Kepala Dewan Riset Daerah Provinsi NTB pada kesempatan itu menyampaikan, silaturahmi kali ini adalah untuk berdiskusi tentang pengembangan riset di NTB. ‘’Kami banyak berdiskusi tentang arah pengembangan riset di NTB, terutama tentang bagaimana riset dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami dewan riset sudah banyak memberikan masukan, sejak zaman gubernur sebelumnya dan kini Gubernur Zul,’’ kata Prof Yusuf.

Prof Yusuf menyatakan akan terus mendukung dan mengawal program kegiatan Pemerintah Provinsi NTB. ‘’Respon pak Gubernur sangat bagus, kami juga akan mengawal program-program yang dilakukan OPD agar pelaksanaannya sesuai dengan target yang ingin di capai,’’ ungkapnya.

Kaitannya dengan Sains Tekno Park yang merupakan Terobosan yang digagas Gubernur Zul, Prof Yusuf menyatakan Dewan Riset juga akan ikut turut berperan. ‘’Sains Techno Park adalah pertemuan antara teknologi dengan industri. Jangan sampai STP hanya dijadikan tempat membuat mesin, itu memang salah satu tujuannya. Namun, yang paling penting adalah bagaimana teknologi dan industri ini mampu komersil dan diterima di pasar dan masyarakat,’’ ujarnya.

Ronald Lam selaku Direktur PT Lim Shrimp Organization di Indonesia yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan rencananya untuk berinvestasi di NTB, khususnya di Pulau Sumbawa. ‘’Rencananya kami akan bangun pabrik di Sumbawa. Pabrik pakan, pabrik proses implan, mungkin akan ada kerjasama dengan Pemprov NTB ke depannya,’’ kata Ronald.

Ia berharap Pemprov NTB bisa membantu dalam menyelesaikan berbagai kendala dan problem dalam proses berinvestasi di Sumbawa.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply