Penampilan Jokowi Sangat Perpect dan Excellent

Direktur M16, Bambang Mei Finarwanto.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Harus diakui, penampilan Capres Nomor Urut 01, Joko Widodo dalam debat kedua, Minggu malam (17/2), sangat perfect dan excellent. Penguasaan materi by data dan detail. Jokowi nampak cermat dan serius dalam mengungkapkan keberhasilan dalam memimpin negeri ini. ‘’Komunikasi publiknya nampak apik dan tertata baik,’’ kata Direktur M16, Bambang Mei Finarwanto di Mataram, Minggu malam (17/2).

Menurut Bambang Mei, sederet tolok ukur program pembangunan yang sudah dilaksanakan tersebut, sesungguhnya wajar disampaikan Jokowi. Yang tidak wajar, kata dia, jika data-data yang disampaikan kemudian tidak sesuai realita. Maka, chek and cross chek penting dilakukan. Karena penyampaian data-data tersebut baru disampaikan secara oral, tidak disertai data tertulis yang terverifikasi.

Sementara Capres Nomor Urut 02, Prabowo Subianto, penampilannya terkesan lebih firm dan berani tampil beda yakni memberikan apresiasi dan atensi terhadap capaian keberhasilan program pembangunan Jokowi. Meski demikian, Prabowo juga memberikan beberapa catatan kritis kepada Jokowi, terkait impor pangan,biaya infrastruktur yang boros yang tidak berdasar feasibility study yang benar, dan lain sebagainya. ‘’Koreksi yang dilakukan Prabowo ini terkait dengan perbedaan strategi pembangunan yang kelak ia laksanakan jika terpilih menjadi Presiden RI periode 2019-2024,’’ ungkapnya.

Maka, menurut Didu, begitu Bambang Mei Finarwanto biasa disapa, mengkontradiksikan capaian program Jokowi vis a vis dengan Prabowo yang belum menjadi Presiden, tidaklah tepat dan kampungan. Jokowi tentu sudah melakukan semua Renstra selama kepemimpinannya dan hasilnya ia paparkan di materi debat kedua tersebut. Dan itu wajar dan seharusnya demikian. Prabowo pun pada debat kedua tersebut secara gentle memberikan atensi terhadap kinerja program pembangunan Jokowi. Namun, Prabowo juga memberikan catatan kritis dan solusi terhadap cara pandang yang salah dalam mencermati fenomena yang dianggap keberhasilan oleh Jokowi tersebut.(sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply