Terkait Tampah Bolek, DPRD Lotim Surati Bupati

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Timur menerima dan menindaklanjuti aspirasi masarakat adat selatan terkait konflik kepemilikan tanah Tampah Bolek yang ada di pesisir Dusun Kaliantan, Desa Seriwe, Kecamatan Jerowaru. Konflik berkepanjangan antara masyarakat sekitar dengan PT Tamada selaku investor yang ingin membangun infrastuktur pariwisata di areal even budaya bau nyale itu, perlahan mulai ada penyejuk bagi masyarakat adat setelah beraudien dengan Komisi 1 DPRD Lotim belum lama ini.

Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur, R Rahadian Soejono.

Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur, R Rahadian Soejono ditemui Lombok Today (https://lomboktoday.co.id) di kediamannya, Kamis (21/2) menjelaskan, terkait kisruh tanah Tampah Bolek yang selama ini menjadi polemik di masyarakat selatan, dewan telah menyurati Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy sebagai tindak lanjut hasil hearing dengan perwakilan yang mengatasnamakan masyarakat adat selatan.

Dalam surat tersebut, lanjut politisi Partai Demokrat ini, dewan Lotim menyampaikan 4 (empat) rekomendasi kepada eksekutif. Di antaranya; pertama, keberadaan tembok pembatas tanah yang diklaim oleh PT Tamada yang melanggar batas sempadan pantai agar dilakukan penertiban (pembongkaran). Kedua, agar tidak terjadi kasus yang sama di tempat lain di wilayah Lombok timur, diminta eksekutif mengajukan Ranperda terkait hal itu sesuai amanat Perpres Nomor 51 tahun 2016 tentang sempadan pantai.

Ketiga, atas dugaan perbuatan pidana dalam peralihan tanah adat menjadi tanah hak, agar mengarahkan masyarakat untuk melaporkan ke pihak berwajib. Keempat, dugaan pernerbitan sertifikat hak milik yang tidak sah atas tanah tampah bolek, agar mengarahkan masyarakat mengajukan gugatan ke PTUN.

Dian, sapaan akrab ketua DPRD Loti mini mengaku belum mendengar kabar pasti apakah telah dilakukan penertiban atau belum. ‘’Saya belum tahu pasti apakah sekarang sudah ada penertiban atau tidak di lokasi sengketa,’’ pungkasnya.(kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply