Bupati Diminta Keluarkan Perda/Perbub ‘’Nyongkolan’’

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Selain pandangan agama Islam dalam hal menjaga dan menciptakan Pemilu Damai oleh TGH Adnan Haris, Lc, juga tuan guru mengulas situasi kerusakan moral di masyarakat. Salah satunya adalah dalam acara adat ‘’Nyongkolan’’ sebagai rangkaian ritual perkawinan masyarakat di bumi Sasak.

Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy.

Karena seringnya terjadi pelanggaran moral, terutama anak muda yang sering menggangu di jalanan pada saat ngiring (kawal) pengantin, tuan guru meminta agar pihak kepolisian bertindak tegas. Namun, sebagai payung hukum aparat bertindak, Adnan Haris meminta Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy untuk membuat Perda atau Perbup tentang ‘’Acara adat Nyongkolan’’ tersebut.

Atas permintaan TGH Adnan Haris, sepontan mendapat apresiasi dan aplus dari ratusan jama’ah yang hadir, termasuk semua kepala desa yang turut hadir.

Salah seorang kepala desa yang ditemui Lombok Today (https://lomboktoday.co.id) mengaku sangat mendukung usulan diterbitkannya Perda atau Perbup nyongkolan itu.

‘’Kami selaku pemerintah desa sangat mendukung usulan adanya Perda atau Perbup nyongkolan itu,’’ kata Saipul Muslimin, S.PdI, Kepala Desa Setungkeplingsar, Kecamatan Keruak, seraya diamini oleh beberapa rekan kades yang lain.(kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply