Gubernur NTB Terima Bupati Sukiman Azmy

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah (kiri) dan Bupati Lotim HM Sukiman Azmy.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah menerima Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy di Pendopo Gubernur NTB, Selasa (5/3). Pertemuan  Gubernur NTB itu berlangsung santai dan hangat. Meski demikian, banyak hal yang dibahas dua kepala daerah tersebut.

Pertama tentang update rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa bagi masyarakat Lombok Timur.  Sampai saat ini,  sudah banyak hunian tetap (Huntap) yang telah dibangun. Selain itu, Gubernur Zul dan Bupati Sukiman juga membahas peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bagi masyarakat Lombok Timur. Untuk mendukung peningkatan IPM tersebut, faktor yang paling dominan adalah pendapatan, kesehatan dan pendidikan.

Sesuai Visi Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, pendidikan dan kesehatan menjadi perhatian khusus. Revitalisasi Posyandu dan pengiriman pemuda NTB belajar ke luar negeri merupakan upaya untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia NTB.

Gubernur Alumni Harvard University itu juga membahas peningkatan akses jalan bagi masyarakat. Bupati Lotim menyampaikan ke Gubernur Zul, kalau sekiranya ada akses jalan By Pass menuju Pelabuhan Kayangan, maka akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Sejumlah wilayah basis ekonomi masyarakat Lotim dapat diakses dengan mudah. Sehingga mobilitas masyarakat ke pusat-pusat pasar dapat dilakukan dengan mudah.

Hal lain yang dibahas adalah terkait rencana Bupati Lombok Timur untuk membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Perikanan. Lokasinya di sekitar wilayah Labuhan Haji. Bupati melaporkan ke Gubernur bahwa potensi perikanan di wilayah tersebut cukup besar.

Untuk rencana tersebut, Gubernur Zul akan mempelajari potensi-potensi tersebut. Yang penting kata Gubernur Zul, hadirnya pembangunan harus mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Misalnya masyarakat makin sejahtera dan tidak menjadi penonton.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply