Masyarakat NTB Diimbau Waspadai Curah Hujan Tinggi

Ilustrasi curah hujan dengan intensitas tinggi. (Foto: Istimewa)

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) diimbau untuk lebih waspada terhadap potensi curah hujan dengan intensitas tinggi. Pasalnya, potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah di Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Sehingga masyarakat khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) diimbau untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi banjir, longsor maupun puting beliung.

‘’Waspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir/guntur dan angin kencang di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Barat, Tombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, dan Bima pada siang hingga malam hari,’’ kata Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Herizal melalui keterangan pers, Kamis (7/3).

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai tingginya gelombang yang mencapai kurang lebih dua (2) meter di selat Lombok bagian selatan, selat Alas bagian selatan, laut Sumbawa, dan perairan Sumbawa.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menambahkan, adanya aktivitas madden julian oscillation (MJO) di Samudera Hindia, telah menyebabkan curah hujan tinggi di kawasan Indonesia. ‘’MJO adalah fenomena gelombang atmosfer yang bergerak merambat dari barat (Samudera Hindia) ke timur dengan membawa massa udara basah,’’ katanya.

Sutopo menjelaskan, masuknya aliran massa udara basah dari Samudera Hindia ini, meningkatkan potensi curah hujan bagi daerah-daerah yang dilalui.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply