Ancaman 10 Tahun Bagi Pembuat dan Penyebar Hoaks

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTIDAY.CO.ID – Jangan pernah coba-coba iseng memainkan jari dan lidah untuk memproduksi atau menyebarkan berita bohong (hoaks) jika takut dengan ancaman penjara 10 tahun, rentan waktu yang tidak sedikit.

Kasat Reskrim Polres Lombok Timur AKP I Made Yogi Purusa Utama.

Berdasarkan UU Nomor 1 tahun 2016, pasal 14 ayat 1 dan pasal 15 adalah pasal yang memberatkan bagi produsen dan penyebar fitnah alias hoaks.

Kasat Reskrim Polres Lombok Timur AKP I Made Yogi Purusa Utama mengatakan, pihak kepolisian dalam menangkal maraknya produsen dan penyebar hoaks, telah membentuk satuan tugas cyber patroli.  Di mana, setiap saat melakukan pelacakan terhadap kontens yang diduga dengan sengaja membuat dan atau menyebarluaskan hoaks dan kontens-kontens yang  mengandung unsur hoaks atau ujaran-ujaran kebencian yang menimbulkan konflik.

Jika ditemukan secara delik aduan, pihak kepolisian akan menindaklanjuti sampai proses peradilan. ‘’Secara delik aduan, kami akan proses melalui proses peradilan,’’ kata Kasat Reskrim Polres Lombok Timur AKP I Made Yogi Purusa Utama saat sebagai pembicara mewakili Kapolres Lotim pada Sarasehan bertajuk ‘’Cyber Media Mengawal Kebijakan Pemkab Lotim dan Menangkal Hoaks Pada Pilpres 2019’’, Sabtu (9/3).(kml)

 

Kirim Komentar

Leave a Reply