FWMOL Lotim VS Hoaks

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Barisan wartawan media online kini mulai geram dengan semakin menjamurnya produksi dan peredaran hoaks. Hal ini dirasakan mulai berimplikasi terhadap kehilangan kepercayaan publik terhadap aktualitasnya sajian pemberitaan media online.

Suasana kegiatan sarasehan.

Menyikapi hal itu, seluruh jurnalistik media online Lombok Timur bersepakat membentuk forum wartawan media online (FWMOL) untuk memperkuat barisan melawan hoaks.

Tak hanya bicara, FWMOL langsung action dengan memanfaatkan momentum tahun politik menjelang Pileg dan Pilpres 2019. Di mana, FWMOL Lotim menggelar sarasehan bertajuk ”Cyber Media Mengawal Kebijakan Pemkab Lotim dan Menangkal Hoaks Menjelang Pileg dan Pilpres 2019”.

Acara yang digelar Sabtu kemarin (9/3) melibatkan beberapa pihak terkait sebagai pembicara. Di antaranya, Pemkab Lotim diwakili Dinas Kominfo, KPU  Lombok Timur, Bawaslu Lombok Timur, Polres Lombok Timur dan Kodim 1615/Lombok Timur. Sebagai pemandu diskusi dalam sarasehan tersebut wartawan Lombok Today (https://lomboktoday.co.id) biro Lotim, Lalu M Kamil AB.

Peserta sarasehan mengundang sejumlah pegiat media cyber, organisasi mahasiswa, LSM yang diperkirakan hadir sekitar 70 orang peserta.
Issu yang paling mengemuka dari peserta adalah bagaimana membedakan berita-berita valid dari media online dengan informasi yang terindikasi berita hoaks. Selain itu, seperti langkah tegas pemerintah dan kepolisian dalam memberantas maraknya produsen dan penyebar hoaks tersebut.

Terkait momentum Pileg dan Pilpres 2019 yang diwarnai ragam hoaks, juga menjadi issu paling mendominasi diskusi. Satu persatu issu yang muncul dari para peserta, dijawab dengan konprehensif oleh para narasumber seraya dipandu oleh moderator yang kocak membuat suasana diskusi sangat elegan dan mencair.(kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply