Ketua PKK NTB Hadiri Gerakan Perempuan Peduli Mangrove

Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati saat menanam Mangrove secara simbolis.

LOMBOK BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah menghadiri acara Gerakan Perempuan Peduli Mangrove di Pantai Cemara, Kabupaten Lombok Barat, Senin (11/3).

Ketua TP PKK NTB Hj Niken juga mengucapkan terimakasih kepada OASE Kabinet Kerja dan Pemerintah Pusat yang telah memilih NTB sebagai salah satu titik kegiatan ini. Hj Niken berharap bahwa peran perempuan di segala bidang dapat semakin meningkat, terutama dalam hal pelestarian lingkungan.

‘’Saya harap ini dapat memberi inspirasi, memberi pengetahuan bagi organisasi wanita di manapun untuk mulai memperhatikan kelestarian lingkungan. Tidak hanya berkutat di keluarga, sosial dan masyarakat, tetapi juga berkontribusi pada kegiatan-kegiatan sosial seperti ini di seluruh NTB,’’ kata Hj Niken.

Acara diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Kepala Staf Korem 162/WB, Letkol Inf Endarwan Yansori. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini mengusung tema ‘’Penanaman Mangrove dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Membangun Peran Perempuan dlam Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim di Wilayah Pesisir’’.

Selanjutnya, perwakilan OASE Kabinet Kerja, Trisna Willy Lukman Hakim menambahkan, penanaman mangrove di Pantai Cemare siang hari ini, akan ‘’Live Streaming’’ dengan kegiatan Ibu Negara di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Kegiatan ini beranjak dari keprihatinan atas kondisi ekosistem mangrove di Indonesia, yang memerlukan uluran tangan dari semua pihak.

Mangrove sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia antara lain, sebagai penyerap polutan, penyimpan karbon, wisata alam, pelindung pantai dari abrasi dan tsunami, dan tempat berlindung berbagai macam fauna ekosistem payau. ‘’Insya Allah setelah NTB, provinsi lain akan segera menyusul dan semoga mangrove yang kita tanam dapat memberi manfaat untuk kita semua,’’ katanya.

Turut hadir, perwakilan OASE Kabinet Kerja, Ketua Dharma Pertiwi, Ketua Bhayangkari NTB, Ketua TP PKK Lobar, para perwakilan Organisasi Wanita Lobar, siswa-siswi SD, SMP dan SMA. Usai upacara, dilanjutkan penyerahan 5.000 bibit mangrove dan 500 bibit pohon produktif secara simbolis.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply