NTB-Polandia Kerja Sama Sektor Pendidikan, Pariwisata dan Ekonomi Bisnis

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (kanan) saat menjalin kerja sama di tiga sektor dengan Polandia.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Romantisme hubungan Pemerintah Provinsi NusaTenggara Barat (NTB) dengan Polandia dalam menjalin kerja sama internasional bukan hanya menjadi kewenangan pemerintah pusat saja. Masing-masing provinsi bahkan kota di Indonesia, diberikan keleluasaan untuk menjalin hubungan dan kerja sama yang lebih intensif dengan provinsi maupun kota-kota di negara manapun.

Kerja sama tersebut dimungkinkan selama tidak menyentuh ranah politik yang menjadi kewenangan eksklusif pemerintah pusat. Jalinan kerja sama tersebut dibingkai dalam suatu kesepakatan bersama.

Meski tentunya kesepakatan kerja sama tetap harus dikoordinasikan dan dikonsultasikan dengan pemerintah pusat, dalam hal ini adalah Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri. Pemprov NTB sendiri terus menjalin komunikasi dan aktif dalam membina kerja sama dengan negeri Putih Merah tersebut.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menemui para delegasi dari Polandia di Katamaran Hotel guna menjajaki berbagai peluang kerja sama terbaru. ‘’Welcome to Lombok, so happy you can visit our here,’’ sambut Gubernur kepada para Delegasi Polandia.

Diketahui, bentuk peluang kerja sama yang akan segera dilakukan adalah penandatanganan LOI (Letter of Intent) antara Pemprov NTB dengan Pemerintah Daerah Torun, Polandia sebagai bentuk follow up dari kunjungan ke Polandia sebelumnya. Dari LOI tersebut, terdapat peluang kerjasama dalam sektor pendidikan, pariwisata, dan ekonomi bisnis.

Dalam sektor pendidikan, Pemprov NTB berencana akan mengirimkan mahasiswa ke Kota Torun, bekerjasama dengan 3HK (Institute of Sustainable Development EU-Asean) dalam mempromosikan budaya melalui duta pendidikan.

Pemerintah Torun juga berniat memulai kerja sama pariwisata dengan mengirim jurnalis dari Polandia untuk melihat keindahan NTB dan membantu mempromosikan di Polandia. Dalam bidang ekonomi dan bisnis, peluang kerja sama diharapkan akan mampu mendatangkan investasi dari Polandia ke NTB.

‘’Penandatanganan LOI adalah awal untuk memulai kerja sama dalam berbagai sektor. Kami berharap selain melanjutkan kerja sama dalam sektor pendidikan, ekonomi bisnis bisa dimulai. Kami juga berharap melalui promosi wisata di Polandia akan mendatangkan investasi di Lombok dan Sumbawa dari pengusaha-penguasa di Polandia,’’ kata Sylwwia Tubielewicz, Director of the International Cooperation Department Kujawy Pomorze.

Hal senada juga disampaikan Marcin Schmidt, President of the Board 3HK. Ia juga menyatakan dukungan dan sangat mengapresiasiaksi nyata yang dilakukan Pemprov NTB. ‘’Pemprov NTB melalui program-programnya sangat fokus pada Sustainable Development Goals. Kami siap membantu, terlebih lagi dengan semangat dan visi misi pak gubernur NTB yang sangat aktif dan secara holistik memikirkan perkembangan NTB dalam berbagai sektor,’’ katanya.

Turut mendampingi Gubernur NTB pada kegiatan tersebut, Kepala BKD NTB, H Fathurrahman, Kepala Biro Kerja Sama Setda Provinsi NTB, Ahmad Nur Aulia, Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply