Ternyata, Lombok Timur Masih Tertinggal

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Boleh jadi rakyat Lombok Timur harus tertunduk malu setelah mengetahui daerah kebanggaannya masuk dalam daftar daerah tertinggal secara nasional.

Menurut Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Hj Rr Aisyah Gamawati dalam keterangan pers kepada wartawan usai mengikuti jamuan makan siang di salah satu lesehan terapung selepas meresmikan penggunaan sarana air bersih di Desa Gili Maringkik, Rabu (27/3) menyatakan, Lombok Timur ini masih dalam kategori daerah tertinggal dari indek pembangunan nasional.

Sebutan daerah tertinggal bagi Lombok Timur ini kata Dirjen, bukan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI saja, namun berdasarkan kajian bersama beberapa kementerian terkait seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, Kementerian Perekonomian.

Menurut Dirjen, beberapa di antara sejumlah indikator suatu daerah dicap sebagai daerah tertinggal adalah masih tertinggal bidang infrastruktur, ekonomi, pemerintahan dan sumber daya manusia yaitu pendidikan.

‘’Lombok Timur harus berjuang keras untuk melepaskan diri dari ketertinggalan. Masih ada satu tahapan indek pembangunan untuk menuju daerah maju yakni harus melewati tahapan daerah berkembang baru disebut daerah maju,’’ kata Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Hj Rr Aisyah Gamawati.

Untuk itu, Dirjen berharap melalui alokasi dana desa dari pusat, pemerintah desa bisa mempercepat pembangunan di desa pada semua sektor.(Kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply