5 Kecamatan di Lotim Ditengarai Rawan Pemilu 2019

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Ketua Bawaslu Lombok Timur, Retno Sirnopati menyebut dari 21 Kecamatan di Kabupaten Lombok Timur, ditengarai ada 5 Kecamtan dikhawatirkan akan terjadi kerawanan dalam penyelenggaraan Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Ketua Bawaslu Lombok Timur, Retno Sirnopati.

Hal itu disampaikan Retno saat menggelar coffe morning bersama KPU Lotim, Polres, Kodim dan sejumlah pimpinan parpol yang digelar di belataran kantor Bawaslu setempat, Sabtu (13/4).

Di antara 5 Kecamatan dimaksud yakni , Kecamatan Jerowaru, Masbagik, Aikmel, Pringgasela, dan Montong Gading. Disebut pula Kecamatan Jerowaru paling rawan pertama. ‘’Catatan kami di Bawaslu, Kecamatan Jerowaru nomor 1 paling mengkhawatirkan,’’ kata Retno.

Bentuk kerawanan yang dimaksud pihak Bawaslu, soal Daftar Pemilih Tetap Bergerak (BPTB), Netralitas, dan Mobilisasi Logistik Pemilu. Kendati demikian, pihak Bawaslu Lotim akan mengintensifkan pengawasan terutama sejak memasuki masa tenang ini hingga perekapan data hasil pemungutan suara mulai dari tingkat TPS, PPS, PPK, sampai penetapan hasil di tingkat KPU.

Ketua Bawaslu Lotim melalui Gakumdu yang melibatkan unsur Kepolisian, TNI dan Kejaksaan berjanji akan menjamin penyelenggaraan pemilu yang benar-benar langsung, umum, bebas, rahasia, (Luber), Jujur dan Adil (Jurdil). Pemaparan ketua Bawaslu tersebut mendapat tanggapan minor dari beberapa pihak yang hadir, terutama dari beberapa pimpinan parpol.

Tanggapan pesimis itu disampaikan Ketua PKPI Lotim, As’atul Anwar. Dengan lantang As’atul Anwar menilai Bawaslu bagaikan ada tapi seakan tidak ada. Kritikan itu dikemukakan ketua PKPI Lotim mengingat pada masa injury time ini semakin gencar money politics atau yang lazim disebut serangan fajar dan luput dari pengawasan pihak Bawaslu. ‘’Maney politics di akhir masa kampanye ini semakin marak, kemana pihak Bawaslu,’’ tegas As’atul Anwar.

Menanggapi hal itu, ketua Bawaslu mengaku sudah banyak parpol yang menyampaikan. Dan pihaknya berjanji akan mengintensifkan patroli siang malam. Tidak cuma itu, Bawaslu minta semua pihak membantu jika menemukan kejadian seperti itu agar dilaporkan ke Bawaslu atau melalui Panwascam di tiap kecamatan.(Kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply