KPU Siapkan Instrumen Aplikasi Situng

Ketua KPU NTB, Suhardi Soud.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak melaksanakan mekanisme hitung cepat. KPU hanya menyediakan instrumen untuk membantu informasi hasil pemilu dengan lebih cepat, namun tetap saja tidak secepat quick count yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei. Di mana, KPU menyiapkan instrumen berupa aplikasi sistem informasi penghitungan (Situng).

Ketua KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Suhardi Soud mengatakan, penghitungan suara oleh KPPS baru dapat diseleaaikan dinihari tadi. KPPS masih memiliki waktu sampai jam 12.00 Wita pada tanggal 18 April 2019 ini untuk menyelsaikan pengadministrasian dan merapikan seluruh dokumen hasil pengitungan untuk dimasukkan ke dalam kotak suara.

Pada sisa waktu yang ada ini juga, kata Suhardi Soud, KPPS menggandakan salinan C1 untuk dibagikan kepada panwas dan saksi, yang jumlahnya masing-masing 16 rangkap untuk masing-masing pemilu (Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kab/kota).

‘’Pada tanggal 18 April 2019 ini pula, di atas jam 12.00 Wita, KPPS menyerahkan kotak suara kepada PPK melalui PPS. Pada saat yang sama, anggota KPPS lainnya juga langsung menuju KPU kab/kota untuk menyerahkan salinan C1 untuk keperluan scan,’’ kata Ketua KPU NTB, Suhardi Soud di kantornya, Kamis (18/4).

Dari kronologis ini, lanjut Suhardi Soud, dipastikan bahwa KPU kab/kota akan menerima salinan C1 dari KPPS pada hari ini tanggal 18 April 2019 di atas pukul 12.00 Wita. Bahkan untuk KPPS yang wilayahnya jauh dari KPU kab/kota, salinan C1-nya bisa sampai di KPU kab/kota pada keeseokan harinya, Jumat (19/4).

Suhardi menjelaskan, setelah menerima salinan C1, selanjutnya paling cepat tanggal 18 April 2019 di atas pukul 12.00 Wita, KPU kab/kota melakukan scan C1 hasil penghitungan suara untuk diupload ke server KPU RI dengan aplikasi Situng.  Proses scan dengan Situng SITUNG ini, untuk NTB diberikan waktu 5 hari sampai tuntas 100% seluruh wilayah NTB. ‘’Namun, kami bertekad menyelesaikannya dalam waktu 3 hari. Insya Allah,’’ ungkapnya.

Ia memastikan bahwa hingga saat ini belum ada data hasil penghitungan suara di KPU Provinsi NTB. Bahkan kalaupun ada informasi yang mengatasnamakan KPU telah mengeluarkan hasil final real count, maka hal itu dipastikan adalah informasi yang tidak benar.(sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply