Wagub Rohmi Dinobatkan Sebagai Bunda Genre NTB

Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah saat dinobatkan sebagai Bunda Generasi Berencana (Genre) NTB 2019.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah dinobatkan sebagai Bunda Generasi Berencana (Genre) NTB 2019. Penganugerahan Bunda Genre kepada Wagub Rohmi itu dilakukan pada Ajang Kreatif Produktif Genre dan Penganugerahan Bunda dan Duta Genre Provinsi NTB tahun 2019, di Lombok Epicentrum Mall (LEM), Sabtu malam (20/4).

Prosesi penganugerahan itu ditandai dengan pengalungan selempang Bunda Genre oleh Juara I Duta Genre Putri 2018, Dina Uswatun Hasanah, didampingi Kepala Perwakilan BKKBN NTB, Lalu Makripuddin.

Wagub Rohmi menyampaikan pemilihan Duta Genre yang selama ini dilakukan tidak hanya menjadi event seremonial semata. Namun, telah banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah. Terutama dari segi pendidikan dan kesehatan. Hal ini jelasnya, sejalan dengan misi NTB yang sehat dan cerdas.

‘’Saya berharap ke depan kegiatan ini bisa lebih baik dengan bekolaborasi dengan berbagai pihak. Sehingga keberadaan Duta Genre ini bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk sosialisasi tiga hal. Yaitu tidak menikah di usia dini, terhindar dari seks bebas sebelum nikah dan menjauhi narkoba,’’ kata Wagub Rohmi.

Wagub Rohmi menjelaskan, generasi muda akan menentukan masa depan NTB dan Indonesia. Karena itu, mereka perlu dibekali pengetahuan yang mumpuni. Sehingga, mereka mampu menjawab dan memahami tentang masa depan. Terutama menghadapi revolusi industri 4.0 ini.

‘’Generasi yang sehat dan cerdas merupakan kebutuhan,’’ ujar Wagub pada acara yang bertema ‘’Integritas dan Kreatifitas Generasi Gemilang NTB Menghadapi Revolusi Industri 4.0’’.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Lalu Makripuddin menjelaskan, sebagian besar para pengantin yang menikah saat ini sudah berusia di atas 20 tahun. Ini katanya, berkat kerja keras, dukungan, pembinaan dan penyuluhan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTB bersama masyarakat.

Pernikahan di usia matang katanya, yaitu 21 tahun untuk wanita dan 25 tahun untuk pria akan memberikan banyak manfaat. Yaitu, tidak ada lagi remaja usia sekolah dari drop out (DO). Juga tidak ada lagi angka kematian ibu dan bayi. Sehingga akan berdampak baik tingkat pendidikan dan kesehatan di NTB.

Ketua Panitia, Abdur Gafur menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta yang menjadi finalis Duta Genre Provinsi NTB yang hadir. Ia melaporkan tahun 2019 ini, pemilihan duta genre tidak lagi dilakukan melalui dua jalur. Yaitu jalur pendidikan dan jalur masyarakat. Namun katanya, hanya dilakukan melalui satu jalur, yaitu jalur duta genre NTB.

‘’Tahun ini peserta yang daftar sebanyak 200 orang. Yang lolos audisi sebanyak 147 peserta. Yaitu 74 peserta dari Pulau Sumbawa dan 73 peserta dari Pulau Lombok,’’ katanya.

Selain itu, para peserta yang mengikuti kegiatan ini telah dibekali dengan berbagai materi. Sehingga, generasi yang terpilih nantinya merupakan generasi berencana, jauh dari narkoba dan seks bebas.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemprov NTB, jajaran BKKBN yang selalu memotivasi para remaja NTB. Sehingga para remaja itu dapat berkarya dan berprestasi.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply